Home Kegiatan IPEMI IPEMI Beri Penghargaan Perempuan Inspirasi pada 86 Tokoh Perempuan

IPEMI Beri Penghargaan Perempuan Inspirasi pada 86 Tokoh Perempuan

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan membuka acara penghargaan perempuan inspirasi indonesia 2019.

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Peran perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini tidaklah diragukan lagi. Selain sebagai seorang ibu yang sibuk dalam mengurus keluarga, Perempuan Indonesia  telah banyak menorehkan prestasi di berbagai bidang, seperti pendidikan, politik, ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan maupun teknologi, lingkungan hidup dan pemberdayaan perempuan. mereka juga mampu menyeimbangkan

Sebagai bentuk apresiasi atas peran penting dan prestasi perempuan tersebut, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), dalam rangka peringatan hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember, menyelenggarakan anugerah Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia sekaligus launching buku Perempuan Inspirasi Indonesia 2019.

Penghargaan ini diberikan kepada 86 perempuan hebat di Indonesia yang dinilai sukses sebagai teladan seorang ibu dalam membina rumah tangga sekaligus berhasil mencatatkan prestasi di berbagai bidang dan bahkan berkontribusi dalam pembangunan nasional. Adapun ke-86 tokoh penerima penghargaan ini terdiri dari berbagai kalangan mulai dari pemimpin daerah, entrepreneur, politisi, seniman, budayawan, public figure, hingga aktifis pemberdayaan perempuan di tanah air.

Adapun anugerah Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia dan launching buku Perempuan Inspirasi Indonesia 2019 ini akan diselenggarakan pada  Senin, (02/12) di Gedung Kementerian Perindustrian, Jl. Gatot Subroto Kav.52-53, Jakarta. Acara ini dibuka oleh Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan dan dihadiri oleh Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Koperasi dan UKM Gati Wibawaningsih dan Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM Rully Indrawan.

Ketua Umum IPEMI Ingrid Kansil mengatakan anugerah penghargan Perempuan Inspirasi Indonesia ini diselenggarakan sebagai upaya partisiptif dari IPEMI atas peran multitasking perempuan Indonesia yang mampu berkontribusi dan menoreh prestasi namun disaat bersamaan tak melupakan kodratnya dalam mengurus keluarga, melahirkan dan membesarkan generasi-generasi penerus terbaik bangsa Indonesia kedepan.

“Sepanjang sejarah, Indonesia telah melahirkan perempuan-perempuan hebat yang punya andil besar dalam membangun bangsa ini. Mereka adalah Tiang Bangsa dan Tak ada satupun masa berlalu tanpa kehadiran dan kiprah perempuan pejuang. Perempuan bisa setia berdiri disamping laki-laki, mendampinginya dalam menapaki jejak-jejak perjuangan, bisa menjadi seorang ibu yang yang mengandung, melahirkan dan membesarkan generasi-generasi penerus dan bisa pula secara aktif-partisipatif berjuang membantu bangsa, membantu dalam pembangunan,” kata Ingrid Kansil.

Ingrid menuturkan di dalam perjalan pengabdiannya selama 4 tahun memimpin  organisasi IPEMI yang telah tersebar di seluruh Indonesia, ia kerap kali menemukan sosok perempuan inspiratif yang tidak hanya menjalankan perannya sebagai seorang istri dan seorang Ibu namun juga dedikasinya yang luar biasa terhadap bangsa dan Negara.

“Sosok mereka telah memberi kami banyak inspirasi. Oleh karenanya penghargaan ini hanya sedikit upaya dari kami untuk mengapresiasi kontribusi mereka yang luar biasa terhadap bangsa ini. Disamping itu, melihat betapa sosok-sosok tersebut memiliki kualitas kepemimpinan dan karya nyata di masyarakat, maka IPEMI mendokumentasikannya dalam sebuah karya PEREMPUAN INSPIRASI INDONESIA 2019. Besar harapan kami agar melalui buku ini pengabdian mereka juga bisa menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan Indonesia lainnya,” ujar Ingrid.

Sekretaris Jenderal IPEMI Nurwahidah Saleh menuturkan Perempuan sebagai seorang ibu memiliki peran yang sangat besar untuk menjadi madrasah pertama dalam mengajar dan membina anak-anaknya. Dari rahimnyalah kelak lahir para pemimpin masa depan yang hebat dan bertanggung jawab. Sosok seorang ibu adalah contoh terbaik bahwa seorang perempuan yang berkualitas adalah ia yang mampu menempatkan dirinya dalam suatu peran penting dalam menyeimbangkan kehidupan. Baik antara tugasnya sebagai ibu, istri, dan tidak sedikit sebagai pemimpin dalam usaha, lembaga atau organisasi.

“Melalui penghargaan dan buku yang kami luncurkan ini,  kami ingin mengapresiasi-teladan-teladan seorang ibu dan mempersembahkan kisah-kisah perjuangan tangguh  mereka yang telah sukses menjalankan perannya menjalani kesibukan di berbagai dunia, sebagai ibu rumah tangga sekaligus perempuan karir yang berprestasi di banyak bidang,” kata Nurwahidah.

Nurwahidah berharap ikhtiarnya bersama organisasi IPEMI dalam menyelenggarakan ajang penghargaan perempuan inspiratif ini mampu memberikan contoh keteladanan yang menginspirasi perempuan Indonesia lainnya serta mendorong perempuan-perempuan Indonesia agar juga bisa berprestasi serta berkontribusi dalam pembangunan nasional.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami bisa memberikan sedikit apresiasi atas pengabdian mereka terhadap bangsa ini dan mempublikasikan kisahnya dalam sebuah buku agar juga menjadi teladan bagi perempuan lainnya,” tutur Nurwahidah.

Rangkaian Acara

Disamping pemberian penghargaan kepada 86 sosok perempuan inspiratif dan peluncuran buku Perempuan Inspirasi Indonesia 2019, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti tarian daerah dari Nusa Tenggara Barat (NTB), fashion show tenun dan asesoris daerah, pameran kesenian tematik NTB, kuliner dan fashion daerah, fashion show busana eco print, talkshow, lomba kreasi bahan daur ulang hingga peluncuran kantong ramah lingkungan IPEMI.

Tentang IPEMI

IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia), adalah organisasi Pengusaha Muslimah yang bergerak dibidang pengembangan usaha dan peningkatan kesejahteraan ekonomi muslimah.

IPEMI, merupakan organisasi sosial kemasyarakatan, yang dibentuk dan didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan usaha muslimah, sekaligus menambah jumlah pengusaha muslimah di Indonesia, guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi muslimah dan masyarakat Indonesia pada umumnya, menuju kemandirian ekonomi yang berkepribadian Indonesia dan berakhlakul karimah.

IPEMI didirikan pada tanggal 21 April 2015 di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, dan dalam 4 tahun kepengurusan IPEMI sudah tersebar di 34 Provinsi, 340 Kabupaten Kota seluruh Indonesia serta 10 negara di Thailand, Arab Saudi, India, Australia,  Jepang, Malaysia, Brunei, Turki, dan Amerika Serikat.

Besarnya jumlah anggota IPEMI, karena keanggotaan IPEMI terdiri dari 3 unsur, yakni a) Muslimah yang sudah menjadi Pengusaha, b) Muslimah yang ingin menjadi Pengusaha, dan c) Muslimah yang ingin mendapatkan tambahan income (pendapatan) untuk keluarga.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here