Home Kegiatan IPEMI Profil IPEMI Resmi Dilantik, IPEMI Surabaya diharapkan Mampu dorong Pertumbuhan UMKM

Resmi Dilantik, IPEMI Surabaya diharapkan Mampu dorong Pertumbuhan UMKM

pelantikan IPEMI PD Surabaya. (foto:dok. ipemi)

MADANINEWS.ID, SURABAYA — Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) terus melebarkan sayapnya ke berbagai daerah dan pelosok tanah air. Kali ini IPEMI juga hadir untuk menjangkau dan mengembangkan program-program pemberdayaannya di kota Surabaya, Jawa Timur.

Usai dibentuk beberapa waktu sebelumnya, kini Pengurus Daerah (PD) Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kota Surabaya secara resmi dilantik.

Pelantikan dilaksanakan di Hotel Sahid Jaya, Surabaya Sabtu (7/9/2019) dan dihadiri oleh Ketua IPEMI Jatim Miming Merina, KETUA GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kota Surabaya Iis Hendro Gunawan serta Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Surabaya Nanis Chairani. Para pengurus yang dilantik adalah Yulianingsih sebagai Ketua,   Nurul Maghfirah dan Ayu Intan MR sebagai Sekretaris,  serta Bendahara Ira Trisanti bersama Khoirulliana Rosida.

KETUA GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kota Surabaya Iis Hendro Gunawan, mengharapkan IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia) Kota Surabaya ikut berperan dalam revolusi industri 4.0. dan bersinergi dengan kegiatan UMKM.

“Memang, revolusi industri lekat dengan kaum milenial, namun ibu-ibu yang tergabung di IPEMI, masih tergolong muda perlu diberdayakan,” kata Iis.

Menurutnya Ibu-ibu yang tergabung dalam IPEMI Kota Surabaya ini, layak untuk diberdayakan, agar dapat menjadi ibu yang mandiri, sehingga tidak membebani anak-anakny.

“IPEMI juga diharapkan, juga bersinergi dengan organisasi Wanita yang lain, terutama dalam menngkatkan kegiatan usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Surabaya,” papar Iis.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Surabaya Nanis Chairani menyatakan instansi yang dipimpinnya siap bekerjasama dan membantu para anggota IPEMI.

Nanis juga berpesan, agar para anggota IPEMI melengkapi kegiatan usahanya dengan perizinan. Saat ini proses perizinan bisa dilakukan dengan online, bahkan bisa diakses lewat gadget pemohon. Pengurusan Surat Izin Usaha Pedagangan (SIUP) dan juga Tanda Daftar Perusahaan (TDP), kata Nanis, bahkan bisa dicetak sendiri izin yang diurus lewat gadget dan dari rumah.

Untuk itu,kata Nanis, yang juga Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kota Surabaya, para anggota IPEMI, di samping dapat memanfaatkan pengurusan perizinan terpadu di Gedung Siola, juga dapat menitipkan produksinya di berbagai tempat yang sudah disiapkan. Di antaranya, di ruang pamer UMKM yang ada di balaikota, Siola, MERR dan sebagainya.

Ketua IPEMI Jatim Miming Merina  berpesan agar pengurus beserta anggota IPEMI Kota Surabaya, bisa lebih kompak melaksanakan program kerja yang sudah disepakati. Sebagai pengusaha Muslimah yang berada di pusat bisnis dan ibu kota Jawa Timur, seharusnya bisa memanfaatkan peluang usaha yang ada. Bahkan anggota IPEMI bisa bersinergi dan bekerjasama dengan pengusaha yang lebih senior.

“IPEMI Kota Surabaya akan kami ikutsertakan dalam berbagai kegiatan, baik di wilayah Jatim, maupun tingkat nasional. Dalam waktu singkat ada kegiatan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) dan Lomba Nasional yang dapat diikuti. Saat ini, IPEMI sudah ada di 34 provinsi dan 340 kabupaten kota di Indonesia,” ujar Miming.

Setelah pelantikan, Ketua IPEMI Kota Surabaya Yulianingsih mengatakan ia bersama jajaran pengurus yang baru dilantik ini segera melaksanakan program yang sudah disiapkan. Ada program berjangka 3 bulan dan 6 bulan.

Anggota IPEMI Surabaya tersebar di tiap daerah dan kecamatan se Surabaya, memiliki keahlian yang beraneka ragam. Ada yang melakukan kegiatan usaha produksi busana, makanan, minuman. Juga ada yang di bidang usaha jasa salon rias, butik busana muslim. Ada pula yang menjadi designer, seperti salah satu anggota IPEMI Surabaya, Mira Herlin.

“Harapan saya perempuan yang kebanyakan ibu ibu rumah tangga ini, bisa mempunyai pendapatan serta kesempatan belajar dalam usaha yang berbasis Islam. Di samping mereka diharapkan pula mampu memajukan usahanya ke skala yang lebih luas.”, papar Yulia.

Ia menambahkan adanya IPEMI ini setidaknya menjadi ruang pemberdayaan bagi perempuan khususnya muslimah. Selain sebagai wadah berkumpul, perempuan muslimah ini bisa lebih maksimal untuk menggerakkan bisnis usaha yang sudah digeluti.

“Setalah pelantikan in, pengurus baru akan langsung fokus di kegiatan eksternal, seperti cooking class, seminar ekonomi dan pelatihan. Kegiatan pelatihan di antaranya diselenggarakan oleh anggota untuk anggota, seperti: Fara Collection, Vina Safhira Homebakes, Nabitha Catering, SZ Modelling, Mira Herlin Butik dan masih banyak lagi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here