Infused Water Ternyata Sudah ada Sejak Zaman Rasulullah SAW

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Saat ini, infused water menjadi minuman yang sangat populer dan banyak digandrungi oleh masyarakat yang ingin menjalankan gaya hidup sehat. Minuman dari rendaman bahan alami seperti buah-buahan ini memang telah terbukti baik untuk kesehatan.

Tidak hanya sebagai pendukung diet dan detoks alami, tetapi, infused water juga dapat meningkatkan sistem imun, berperan sebagai antioksidan, mencegah penuaan, melancarkan pencernaan, dan menghilangkan stress.

Namun ternyata, Rasulullah saw pada zaman dahulu telah mempraktikkan metode infused water sebelum menjadi bagian gaya hidup sehat saat ini.

Dalam kesehariannya, Rasulullah sangat menyukai infused water buah kurma atau istilah zaman dulunya adalah nabeez atau naqi’ (air rendaman kurma).

Sebuah riwayat menceritakan, Abu Usaid As-Sa’idi pernah mengundang Nabi saw di hari pernikahannya. Saat melayani tamu undangan, istri Abu Usaid berkata, “Apakah kalian mengetahui apa yang aku tuangkan kepada Rasulullah Saw?”.

“Aku tuangkan kepada beliau (minuman) dari rendaman kurma semalam di dalam kuali.” (H.R. Bukhari).

Riwayat lain juga diceritakan oleh Abdullah bin Mas’ud ra bahwa ia pernah bersama Rasulullah saw pada malam gelap gulita, lalu Nabi saw bersabda kepadaku:

“Wahai Abdullah, apakah engkau memiliki air?” ia menjawab, aku membawa nabeez dalam kantong kulit. Lalu beliau meminta, “Tuangkan untukku.” Beliau pun berwudu. Lalu Nabi SAW bersabda, Wahai Abdullah bin Mas’ud, ini dapat diminum dan mensucikan. (H.R. Ahmad)

Dua hadis di atas menunjukkan bahwa Rasulullah saw juga suka mengonsumsi nabidz. Cara membuatnya pun sangat mudah. cukup dengan merendam kurma ke dalam air dan setelahnya, air beserta buah yang telah lunak bisa langsung dikonsumsi

Aisyah r.a. juga melanjutkan dalam hadis serupa, bahwa dirinya pernah membuat perasan (air rendaman kurma) untuk Rasulullah saw. Minuman tersebut didiamkan di pagi hari untuk diminum sore hari, atau sore hari direndam dan diminum pagi hari.

Manfaat Infused Water dengan Kurma

Minumlah “infused water” dari air rendaman kurma, Inilah 4 manfaat yang akan terjadi pada tubuh anda:

1. Pemberi & pemulih tenaga

Air nabeez adalah minuman beralkali, yang mampu menolong membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Juga membantu badan untuk menyingkirkan toksin yang berbahaya didalam tubuh, dalam kata lain berguna sebagai detox. Pemulihan tenaga juga didapat / berasal dari khasiat kurma yang menjadi bahan dasar Air nabeez.

2. Tinggi kandungan fiber

Menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Sangat bagus dalam menghilangkan sembelit (atau meredakan & memulihkan diri dari sembelit). Manfaat lain dari tingginya kandungan fiber yang dihasilkan infused water yakni mampu membantu proses pencernaan yang baik termasuk untuk membantu dan menunjang program diet Anda. Selain itu kelebihan kadar fiber yang tinggi dari air nabeez juga mampu meningkatkan / menajamkan fikiran agar kita tidak mudah lupa.

3. Pemberi zat besi yang sangat bagus.

Manfaat zat besi yang utama yaitu berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan serta menjaga kesehatan tubuh. fungsi zat besi itu sendiri dalam tubuh kita yaitu membantu metabolisme protein, berperan dalam produksi hemoglobin dan sel darah merah. Manfaat zat besi lainnya yaitu meningkatkan daya tahanan tubuh yang menjadikannya tangguh dalam melawan infeksi. Kalau infused water kurma ini salah satu minuman favorit Rasullulah, tidak heran kalau beliau sangat jarang sekali sakit.

4. Kaya akan pottassium (Kalium)

Sangat bermanfaat dan penting dalam menjaga jantung & menstabilkan tekanan darah. Potasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom kita untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lain. Potasium juga terbukti membantu menurunkan tekanan darah, berperan dalam fungsi kejut saraf (sebuah respons otomatis terhadap rangsangan), dan kontraksi otot. Dan Anda harus tahu bahwa kekurangan kadar potasium dalam tubuh bisa mengakibatkan penurunan kekuatan, dan gampang merasa lelah saat baru mulai berolahraga.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar