Home Info Halal Pameran Halal Indhex 2018 Turut Berperan Memajukan UMKM

Pameran Halal Indhex 2018 Turut Berperan Memajukan UMKM

Ketua Umum MUIO KH Ma'ruf Amin menutup gelaran INDHEX 2018. (foto:LPPOM MUI)

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) kembali menggelar acara pameran Halal.  Bertajuk “Indonesia Halal Expo” (INDHEX), pagelaran Halal terbesar di Indonesia yang ke-8 ini diselenggarakan pada 1-3 November 2018 di Jakarta.

Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim mengemukakan pameran Halal ini diselenggarakan sebagai upaya implementasi misi Khidmatul-ummah,  melayani umat Muslim khususnya, dengan menyediakan Produk-produk yang terjamin kehalalannya dengan proses sertifikasi oleh MUI. Juga misi Ri’ayatul-ummah, melindungi serta mengedukasi masyarakat dari mengkonsumsi atau terpapar dengan Produk-produk yang tidak jelas kehalalannya.

“Maka dengan pameran Halal Indhex yang kedelapan kalinya ini diselenggarakan oleh LPPOM MUI merupakan upaya implementasi dari misi yang diemban MUI tersebut. Sekaligus juga sebagai upaya sosialisasi terhadap kiprah serta capaian lembaga umat ini, yang telah dilakukan selama ini,” kata Lukmanul pada pembukaan Indhex yang disertai juga dengan penganugerahan “Halal Award” kepada beberapa perusahaan terpilih, termasuk beberapa Usaha UMKM.

“Selain itu, yang tak kalah pentingnya, pameran Halal Indhex ini juga dimaksudkan bahwa LPPOM MUI turut berperan nyata dalam memajukan “Usaha Mikro Kecil dan Menengah” (UMKM) agar dapat berkembang lebih lanjut,” sambungnya

Melalui gelaran INDHEX ini Lukmanul berharap UMKM bisa lebih cepatmenggerakkan sektor riil yang amat dibutuhkan masyarakat. Sehingga pada gilirannya UMKM yang berkembang tentu akan dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak, dan berikutnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara nyata.

Apresiasi yang Tinggi

Sementara itu  Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin mengaku sangat terkesan dan mengapresiasi gelaran INDHEX 2018.  Menurutnya LPPOM MUI telah menunjukkan kiprah yang amat dibutuhkan umat dengan proses sertifikasi Halal.

Hal itu juga, yang menurut  Maruf memang merupakan implementasi dari misi Khidmatul-ummah dan Ri’ayatul-ummah MUI sebagaimana telah dijelaskan.

Ia menambahkan ketentuan Halal sepatutnya juga menjadi faktor yang mendukung penguatan UMKM, khususnya di pasar domestik. Maka MUI juga sangat mendukung pameran Halal Indhex ini yang diharapkan dapat pula turut berperan dalam memajukan UMKM.  Sebagaimana telah dikemukakan oleh Direktur LPPOM MUI dlaam sambutannya barusan.

“Hal ini juga telah dicanangkan oleh MUI dengan rancangan Arah Baru Ekonomi Indonesia.  Yakni bahwa ketentuan Halal itu sepatutnya juga dapat menghidupkan bahkan memajukan Ekonomi umat. Sehingga kesenjangan ekonomi yang terjadi di masyarakat secara bertahap dapat dikurangi,” Papar Ma’ruf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here