Home Info Halal Direktur LPPOM MUI: Penting, Wujudkan Cerolisasi LPPOM MUI

Direktur LPPOM MUI: Penting, Wujudkan Cerolisasi LPPOM MUI

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) LPPOM MUI. (foto:L{PPOM MUI)
MADANINEWS.ID, JAKARTA — Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia seluruh Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada 1-3 November 2018 di Hotel Aryaduta, Jakarta.
Selama tiga hari, 41 peserta dari 30 provinsi menghadiri acara tahunan ini untuk melakukan konsolidasi kelembagaan terkait update-update informasi terkini.
Dalam sambutannya, Direktur LPPOM MUI,Lukmanul Hakim , mengatakan bahwa sangat penting untuk melakukan penguatan sistem sertifikasi LPPOM MUI dengan dua hal, penguatan auditor dan Cerolisasi LPPOM MUI.
“Pada penguatan auditor, LPPOM MUI terus melakukan peningkatan kompetensi auditor sehingga diharapkan dapat terus menciptakan auditor nasional dan internasional yang lebih banyak lagi,” lanjut Lukmanul Hakim.
Hal kedua, lanjutnya, dengan ISO 17065 menjadi skema LPPOM MUI dalam sertifikasi halal masuk ke dalam skema Emirates Authority for Standardization and Metrology (ESMA), satu-satunya badan Standardisasi di Uni Emirat Arab (UAE)
Dengan skema ini, seluruh produk yang telah disertifikasi halal oleh LPPOM MUI dapat diterima di negara-negara anggota OKI dan negara timur tengah. Dengan demikian, MUI tetap harus mengeluarkan sertifikasi halal dalam perdagangan ekspor dan dikeluarkan oleh pusat. Oleh karenanya, Cerolisasi LPPOM MUI penting dilaksanakan dan peningkatan kualitas dan kuantitas.
“Saat ini, hanya LPPOM MUI, satu-satunya Lembaga Sertifikasi Halal (LSH) di Asia Tenggara yang diakui oleh ESMA,” tambah Lukmanul Hakim sesaat sebelum meresmikan acara ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here