Milenial Punya Peran Penting Sebarkan Seni Budaya Islam di Era Globalisasi

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Dalam sebagai agama dakwah, menugaskan umatnya untuk mensyiarkan ajarannya kepada umat manusia. Jalannya bisa melalui berbagai cara, baik langsung atau via media sosial.

Hal tersebut dikatakan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin saat menjadi pembicara dalam Workshop Milenial Seni Budaya Islam se-Jabodetabek.

Menurutnya, di era globalisasi saat ini, peran generasi muda dan milenial diharapkan dapat menjadikan nilai-nilai sejarah seni budaya Islam sebagai bagian dari penguatan karakter bangsa dan negara dalam menghadapi pergaulan dan peradaban dunia. 

“Ketahanan budaya Islam diperlukan agar dapat menangkal pengaruh-pengaruh negatif dari era globalisasi,” katanya Rabu (14/10).

Guru Besar UIN Alauddin Makassar itu berharap setelah pelatihan ini, seluruh peserta dapat memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan pesan keagamaan kepada masyarakat.

“Pesan keagamaan dapat disampaikan melalui whatsapp, instagram, facebook, twitter, serta media lainnya,” ujarnya.

Sedangkan, Kasubdit Seni Budaya dan Siaran Keagamaan islam, Sayid Alwi Fahmi mengatakan peran milenial setelah pelatihan ini ada aksi nyata yang dihasilkan untuk memperkenalkan budaya Islam Indonesia ke masyarakat umum.

Bertempat di Bigland Hotel Bogor, workshop ini berlangsung selama tiga hari, pada 14-16 Oktober 2020. Diikuti 40 mahasiswa dan mahasiswi dari perwakilan perguruan tinggi Universitas Indonesia, UIN Syarih Hidayatullah, UNJ, IKJ, Universitas Pancasila, Universitas Gunadarma, dan lainnya.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar