Home Ekonomi Syariah Induk BTM Jalin MOU dengan BPKH dan Bank Muamalat

Induk BTM Jalin MOU dengan BPKH dan Bank Muamalat

MADANINEWS.ID, Pekalongan – Induk BTM jalin kerjasama dengan BPKH dan Bank Muamalat. Kerjasama tersebut dilaksanakan dalam Muhammadiyah Microfinance Summit 2019 hari ke-2, (20/9/2019).

Hadir dalam perjanjian kerjasama tersebut, Ketua Induk BTM Achmad Suud, Perwakilan BPKH Ahmad Iskandar Zulkarnain, SE, MM, dan Head of Islamic Enterprise & Alliance PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Agus Andipratama Amir.

Menurut Achmad Suud, jalinan kerjasama yang dilakukan Induk BTM dengan BPKH memiliki beberapa tujuan. Di mana diantaranya adalah bagaimana Induk BTM dapat menggunakan dana yang dikelola BPKH dan bagaimana Induk BTM dapat menjadi bagian dari talangan untuk anggota dalam berhaji.  Selain itu juga bagaimana untuk mensosialisasikan haji muda. Haji muda adalah haji yang dilakukan untuk generasi muda. Sebab selama ini para pendaftar haji umumnya dari generasi non milenial.

Sementara itu, jalinan kerjasama dengan Bank Muamalat terkait penyaluran pembiayaan dan mengenai tata kelola.

“Sinergi yang dilakukan kepada BPKH dan Bank Muamalat dilaksanakan agar tercipta Win-Win Solution. Dengan tentu diharapkan seluruh jajaran BTM memaksimalkan hubungan yang ada”, kata Achmad Suud.

Di tempat yang sama Head of Islamic Enterprise & Alliance PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Agus Andipratama Amir menyatakan jika dengan jalinan kerjasama yang ada, ia mengharap adanya satu kerjasama yang terstruktur baik mengenai pembiayaan dan tata kelola keuangan. Sebab jika terjadi kerjasama yang spesifik, maka akan lebih baik bagi BTM dan Bank Muamalat secara umum.

Agus juga menyatakan jika Muhammadiyah merupakan mitra utama Muhammadiyah.

“Dari seluruh organisasi keagamaan yang menjadi mitra Bank Muamalat, hanya Muhammadiyah yang menempati grade 1. Lainnya menempati grade 2 dan 3”, kata Agus.

Menurut Agus kembali, kedekatan ini memungkinkan Induk BTM sebagai bagian dari usaha Muhammadiyah akan lebih diperhatikan oleh Bank Muamalat, dan jika di lapangan terjadi permasalahan, dapat dilakukan penyelesaian secara bersama.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here