Home Gaya Hidup 9 Jenis Jamu ini Ampuh untuk Jaga Kondisi Tubuh Tetap Bugar

9 Jenis Jamu ini Ampuh untuk Jaga Kondisi Tubuh Tetap Bugar

Jamu Tradisional. (foto:istimewa)

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Jamu merupakan minuman herbal khas Indonesia. Jamu biasanya terdiri dari berbagai jenis tanaman herbal dan rempah pilihan. Jamu tradisional nggak kalah manfaatnya dengan obat-obatan di apotek. Malah, jamu tradisional lebih alami dan bisa turut serta merawat warisan bangsa kita.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjabarkan bahwa yang dimaksud dengan obat tradisional adalah bahan atau ramuan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, sekitar 60% penduduk Indonesia yang berumur lebih dari 15 tahun pernah minum jamu. Selain itu, 95% dari mereka yang minum jamu merasakan manfaatnya. Pengobatan tradisional dengan ramuan atau jamu juga dikonsumsi oleh sekitar 30% rumah tangga di Indonesia. Ini mengindikasikan bahwa jamu seperti sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia.

Terdapat beberapa jenis jamu yang bisa kamu coba. Walau rasanya sedikit pahit, tapi jamu dipercaya memiliki banyak manfaat. Seperti menyembuhkan pegal linu, memperlancar haid sampai membantu melangsingkan tubuh. Penasaran kan, apa aja sih jenis jamu yang dimaksud? Yuk, simak ulasan suaramuslim.net di bawah ini yang di lansir dari berbagai sumber.

1. Jamu Kunyit Asam

Jamu Kunyit Asam

Kunyit yang sudah dicampur asam akan memiliki kandungan penawar racun dan menetralisir racun yang mengendap di dalam tubuh. Membuangnya dalam bentuk urin dan keringat. Jamu kunyit asam juga mampu mengatasi pegal-pegal akibat kerja berat atau kecapekan.

Kandungan Vitamin C nya juga mampu membuat kulit lebih cerah dan semakin sehat. Selain rasanya enak, ternyata kaya akan manfaat juga ya.

2. Jahe

Jahe yang harum dan segar baunya ini diduga mampu mencegah mual bagi ibu hamil (morning sickness). Selain itu, jahe juga dipercaya dapat mengatasi radang sendi, nyeri menstruasi, serta mual dan muntah setelah operasi. Kebenaran klaim ini juga masih membutuhkan penelitian lebih jauh.

3. Jamu Beras Kencur

Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur dipercaya mampu meredakan nyeri badan, kembung, dan rasa mual. Hampir sama seperti temulawak, jamu beras kencur juga mampu meningkatkan nafsu makan. Jadi untuk ibu yang bingung anaknya susah diajak makan, coba ikhtiar menggunakan beras kencur ini agar anak mau makan. Namun, harus sabar dan rutin ya.

4. Temulawak

Jamu Temulawak

Temulawak adalah salah satu bahan rempah-repah yang cukup populer di Indonesia. Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb, manfaat temulawak sudah dirasakan dari sejak dahulu kala sebagai obat tradisional khas Indonesia.

Jamu temulawak ini baik untuk menambah nafsu makan, mengobati gangguan pencernaan, mengatasi kram perut saat haid, mengatasi masuk angin, membantu pengobatan kanker, memengaruhi metabolism lemak, dan mengatasi radang sendi.

5. Jamu Brotowali

batang pohon brotowali

Brotowali termasuk dalam tanaman obat tradisional yang sudah dimanfaatkan selama bertahun-tahun oleh banyak masyarakat Indonesia untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah diabetes. Selain itu brotowali bisa membantu mengobati hipertensi, mengobati penyakit kulit, dan melawan alergi.

6. Jamu Cabe Puyang

Cabe puyang

Jamu cabe puyang atau jamu pegal linu ini khasiat utamanya adalah menghilangkan pegal-pegal karena kecapekan, maupun sakit pinggang. Selain itu juga bermanfaat untuk menghilangkan kesemutan. Jamu cabe puyang ini terdiri dari cabe jamu dan puyang, ditambahkan rempah dan bahan lainnya.

7. Jamu Uyup-uyup

Jamu uyup uyup sudah sangat dikenal oleh masyarakat pedesaan dan sudah digunakan secara turun temurun karena dipercaya bisa melancarkan produksi ASI ibu menyusui untuk menunjang pertumbuhan bayi. Jamu uyup uyup atau sering disebut juga dengan gepyokan ini terbuat dari empon-emponan atau akar akaran seperti kencur, jahe, lengkuas, daun katuk, cabe puyang, temugiring, bangle dan juga kunyit yang masing-masing memiliki kegunaan berbeda beda untuk tubuh.

8. Jamu Pahitan

Jamu Pahitan

Bahan baku jamu pahitan adalah daun sambiloto. Tambahan lainnya dalam jamu ini cukup bervariasi ada yang sambiloto saja dan ada yang ditambahkan dengan bahan pahit lainnya seperti brotowali dan lainnya.

Seperti namanya jamu pahitan ini dianggap sebagai jamu paling pahit. Tapi, jangan salah ya meskipun rasanya paling pahit justru jamu pahitan ini banyak manfaatnya mulai dari mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, mencegah risiko diabetes sampai sebagai terapi “cuci darah”.

9. Jamu Galian Singset

Jamu Galian Singset

Jamu ini terbuat dari berbagai bahan alami seperti kencur, jahe, dan temu kunci. Selain membuat tubuh menjadi langsing, banyak lagi lho khasiat dari jamu galian singset ini yaitu mencegah jerawat, membuat badan menjadi wangi, merapatkan dan menjadikan organ intim wangi, mengatasi keputihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here