Home Gaya Hidup Info Sehat Selain Bernilai Ibadah, Senyum juga Memiliki Manfaat Kesehatan Loh!

Selain Bernilai Ibadah, Senyum juga Memiliki Manfaat Kesehatan Loh!

senyum memiliki setidaknya 7 manfaat bagi kesehatan (foto:istimewa)

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Senyum itu ibadah yang mudah, murah, dan menyehatkan. Dengan tersenyum, kita bukan hanya dapat mengurangi stres dan merasakan bahagia, tapi juga menunjukkan keramahan pada orang lain dan akan mencairkan suasana di sekitar kita.

Dalam penelitian yang dilakukan Wayne Univerity di Michigan, Amerika Serikat menyimpulkan, orang yang rajin tersenyum rata-rata umurnya tujuh tahun lebih panjang daripada orang yang jarang senyum. Efek senyum ini bisa berjangka panjang, karena itu Islam menganjurkan umatnya untuk selalu tersenyum.

Di tiap senyuman, organ dalam tubuh manusia mengekspresikan berbagai macam neuropeptida. Molekul protein ini dapat mengubah keadaan psikologis di dalam otak dan bisa membantu mengendalikan rasa sakit secara fisik maupun tekanan psikologis. Sehingga orang yang biasa tersenyum mampu melawan stres lebih mudah.

Senyum juga dapat memicu produksi hormon somatropin yang dikenal juga sebagaiĀ human growth hormone (HGH). Hormon ini berfungsi meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh yang mati atau rusak. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar hipofisis atau kelenjar pituitari yang terletak di bawah otak.

Semakin banyak somatropin yang disekresi, kian tinggi pula kemampuan tubuh meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Dengan begitu, senyum akan membuat Anda dapat menjaga kondisi tubuh awet muda secara alami dan membuat Anda lebih bahagia.

Banyak manfaat lain dari senyum bagi kesehatan. Berikut tujuh manfaat senyum untuk kesehatan hasil rangkuman Sharianews.com dari berbagai sumber.

1. Membuat penampilan lebih menarik

Senyum menciptakan daya tarik tersendiri dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibandingkan mengerutkan kening serta cemberut. Senyum membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik. Ini salah satu manfaat langsung yang akan dirasakan orang sekitar ketika Anda tersenyum.

2. Membuat semakin muda

Senyum sangat menyehatkan dan mencegah penuaan dini. Keriput di wajah dapat mudah terbentuk jika otot-otot wajah jarang digerakkan. Ketika tersenyum, 12 otot wajah bergerak dalam keadaan santai.

3. Memperbaiki mood kita

Senyum juga akan memperbaiki suasana hati atau mood kita. Dengan tersenyum, kita akan menjalani hidup dengan lebih damai, tenang dan bahagia. Senyum akan meringankan berbagai beban dalam hidup kita.

4. Senyum, penghilang rasa sakit

Dalam sebuah studi menunjukkan, senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Kedua senyawa ini bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat alami.

5. Menurunkan tekanan darah

Saat tersenyum, ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama satu menit dan ukur tekanan darah Anda kembali maka akan terlihat perbedaannya. Anda juga bisa cekĀ tekanan darah pada waktu jarang tersenyum, kemudian bandingkan dengan hari-hari di mana Anda sedang banyak tersenyum.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Di luar dugaan, senyum juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika tersenyum, tubuh kita akan merasa lebih nyaman sehingga kekebalan tubuh pun meningkat. Daya tahan tubuh yang baik sangat menunjang kesehatan Anda. Bahkan, flu dan batuk dapat cepat disembuhkan dengan memperbanyak senyum.

7. Menyebabkan positive thinking

Seseorang akan tertarik kepada Anda ketika tersenyum. Orang yang selalu tersenyum akan memberikan kesan positif kepada orang-orang di sekitarnya. Selain itu orang yang selalu tersenyum juga mempunyai aura yang berbeda serta mempunyai daya tarik tersendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here