Home Ekonomi Syariah Bekraf Kembangkan Merek Produk Lokal Kota Salatiga

Bekraf Kembangkan Merek Produk Lokal Kota Salatiga

Local Genius Brand Workshop (LOG) Salatiga. (foto:BEKRAF)

MADANINEWS.ID, SALATIGA — Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif menyelenggarakan workshopdengan tema Local Genius Brand Workshop (LOG) pada Sabtu – Senin (27-29/10) di Hotel Laras Asri Resort and Spa, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif melalui pengembangan merek lokal dan komunikasi pemasaran di era digital di Salatiga dan sekitarnya.

“Kegiatan ini merupakan salah upaya untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kreatif di tingkat lokal, sekaligus mendorong kemajuan komunikasi pemasaran di daerah. Workshop ini diharapkan dapat mendukung branding produk-produk lokal Malang untuk memasuki pasar global,” ungkap Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf, Poppy Savitri, Sabtu (27/10).

Kota Salatiga telah menentukan subsektor kuliner sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulan yang masuk menjadi bagian dari peta ekosistem ekonomi kreatif nasional. Subsektor kuliner Kota Salatiga memiliki keunggulan dari segi keterkaitan pengolahan rasa dan mengusahakan bahan baku dengan Kabupaten di sekitarnya, sehingga berpotensi menumbuhkan jejaring dengan Kabupaten lain.

Salah satu kuliner yang menarik dari kota ini adalah Gethuk Kethek berbahan dasar singkong yang berasal dari Ledok, ArgoMulyo, Kota Salatiga. Dari Gethuk Kethek inilah berkembang berbagai variasi makanan dari singkong salah satunya adalah kuliner singkong keju D-9 yang muncul pada awal tahun 2009 lalu.  Hal ini membuktikan bahwa Kota Salatiga tidak hanya memiliki kuliner khas tetapi juga berkembang menjadi industri pengolahan kuliner yang kreatif.

Di era industri digital saat ini, tidak cukup hanya dengan memiliki kuliner khas atau kuliner yang kreatif tetapi juga diperlukan penciptaan merek produk kuliner yang terkonsep dan komunikasi pemasaran yang tepat dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah. Tapi pada kenyataannya, merek lokal dianggap sulit bersaing dengan merek-merek besar yang lebih dulu hadir dan dikenal masyarakat luas. Untuk itu, Bekraf memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di Kota Salatiga dan sekitarnya untuk lebih memahami cara mengembangkan merek lokal melalui komunikasi pemasaran yang lebih efektif dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui media baru.

LOG menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, diantaranya CEO PT. Dentsu Strat, Janoe Arijanto; CEO ZenithOptimedia, Ernita Ariestanty; Founder and Director of Kharisma Advertising, Hery Margono, CMO RWE Digital, M. Hafidullah dan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Salatiga dan Kasubdit Edukasi Subsektor Ekonomi Kreatif Bekraf, Toar Mangaribi.

Bekraf berharap workshop ini akan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan merek lokal Kota Salatiga dan mengembangkan komunikasi pemasaran daerah sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif secara cepat dan berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here