Home Info Halal 13 Lembaga Halal Luar Negeri Belajar Halal Ke LPPOM MUI

13 Lembaga Halal Luar Negeri Belajar Halal Ke LPPOM MUI

Gelaran Internasional Training for Halal Certifiying Bodies di hotel Santika, Bogor. (foto:istimewa)
MADANINEWS.ID, BOGOR — – Sebanyak 13 Lembaga sertifikasi halal luar negeri dari 8 negara belajar halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) bertempat di hotel Santika, Bogor. Acara diadakan pada 27 Oktober – 1 November 2018. Mereka berasal dari Australia, USA, China, Italia, Taiwan, Brazil, Japan,Switzerland.
LPPOM MUI kembali bekerja sama dengan Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC) menggelar pelatihan halal bertajuk Internasional Training for Halal Certifiying Bodies, dihadiri 27 orang perwakilan 13 lembaga sertifikasi halal luar negeri (LSH) sebagai upaya standardisasi pedoman halal secara global.
Dalam sambutannya, Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim, mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan selain menjadi pelatihan, juga menjadi tempat saling berbagi antar LSH. Pada pembuatan standard di LPPOM MUI, menggabungkan dua sisi, yaitu sisi kajian ilmiah dan sisi syariat.
“Dari sisi kajian ilmiah, para auditor yang berasal dari peneliti menjadi ujung tombak dalam mencari fakta dan data secara komprehensif pada penerapan Sistem Jaminan Halal (SJH) di perusahaan. Auditor dituntut memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni, ketelitian, kejelian, dan rasa ingin tau yang tinggi,” lanjut Lukmanul.
Sedangkan dari sisi syariat, lanjut Lukmanul Hakim, para ulama yang tergabung dalam Komisi Fatwa MUI memberikan pendapat hukum Islam pada kasus tertentu. Dalam sertifikasi halal, output fatwa adalah status produk halal atau haram berdasarkan proses audit yang dilakukan oleh LPPOM MUI.
Pada pelatihan ini, peserta mempelajari berbagai hal terkait halal, seperti pemahaman prosedur dan kebijakan sertifikasi halal, 11 kriteria SJH dan pengenalan fatwa MUI yang berkaitan dengan halal.
Selain itu juga, peserta dilatih mengenai prosedur audit, teknik audit hingga teknik presentasi hasil laporan audit.
Sebagai prakteknya, diantara peserta bermain peran sebagai auditor dan auditii serta adanya kunjungan ke beberapa perusahaan yang telah menerapkan SJH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here