MADANINEWS.ID, RIYADH – Maskapai penerbangan nasional Arab Saudi, Saudia Airlines melakukan re-branding sebagai langkah untuk mewujudkan budaya negara tersebut dalam citra perusahaannya.
Dilansir dari gulfnews, Saudia Airlines berkolaborasi dengan Landor & Fitch, sebuah perusahaan transformasi merek global ternama, dalam melakukan penyegaran brand. Rebranding ini menandai dimulainya era baru bagi Saudia, yaitu dengan memperkenalkan konsep inovatif dalam hal layanan pelanggan yang lebih berfokus pada aspek digital dan meningkatkan pengalaman tamu dengan mempromosikan budaya Arab Saudi. Rebranding yang dilakukan memasukkan aspek identitas Saudi pada logo, palet warna, ilustrasi, dan pola untuk memastikan merek identik dengan Kerajaan.
Perubahan merek ini melepaskan diri dari praktik merek maskapai penerbangan global saat ini, dan berfokus pada apa yang menjadikan Saudia Airlines menjadi unik sebagai sebuah maskapai penerbangan – yaitu identitas nasional Kerajaan Arab Saudi. Perubahan ini juga bakal memperkuat identitas nasional Saudia dengan menata ulang semua produk dan layanan yang dirancang agar mencakup semua pengalaman pancaindera.
Merepresentasikan identitas dari Arab Saudi, perubahan citra ini diposisikan untuk merayakan budaya Saudi dan peran Maskapai ini sebagai maskapai penerbangan nasional. Perubahan citra ini memperkuat identitas nasional Saudia melalui kelima inderanya. Pelanggan dapat merasakan pengalaman otentik Saudi sepanjang perjalanan mereka, termasuk wewangian khas, identitas sonik, dan masakan lokal – semuanya dibuat untuk mencerminkan semangat penyambutan dan keramahtamahan Arab Saudi.
Penumpang Saudia diajak untuk dapat merasakan pengalaman otentik Saudi, yang menampilkan segala aspek terbaik dari Arab Saudi dan kekayaan budayanya, seperti wewangian dan musik yang khas, serta hidangan yang terinspirasi dari kuliner lokal. Rebranding ini juga mencakup penggunaan seragam baru untuk awak kabin dan staf di bandara.
“Maskapai kami telah berkembang dari hanya sebuah pesawat Douglas DC-3 pada tahun 1945, menjadi armada modern dengan 140 unit pesawat yang melayani lebih dari 100 destinasi, dan menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di kawasan ini,” terang Yang Mulia Ir. Ibrahim Al-Omar, Direktur Umum Saudia Group.
Identitas dan budaya Saudi telah dikemas dalam seluruh titik kontak pengalaman pelanggan dengan merek tersebut. Salah satu aspek penting dari merek baru ini adalah ia menampilkan tiga warna berbeda, yang mewakili fitur utama identitas Saudi.
• Hijau, mewakili kemurahan hati dan keramahtamahan Saudi – simbol kebanggaan nasional dan pohon palem yang subur.
• Biru melambangkan laut dan langit Saudi, melambangkan aspirasi Saudi yang tak terbatas.
• Dan warna pasirnya, yang terinspirasi oleh bukit pasir di gurun Saudi, mewakili keaslian Saudi dan nilai-nilai yang mengakar di dalamnya.
Landor & Fitch melakukan proses perubahan citra secara ekstensif selama proses kolaborasi strategis dan kreatif yang meluas. Fokus utama yang mendorong proses kreatif ini adalah memulihkan apa yang disukai dari merek Saudia Airlines.
Dalam prosesnya, Saudia Airlines merayakan hari jadinya yang ke-75 dan memperingati peristiwa tersebut dengan menggunakan corak tahun 1972. Hal ini menyoroti merek tersebut sebagai ikon nasional dan kebanggaan Arab Saudi serta memberikan inspirasi untuk desain baru. Dengan melihat “yang terbaik” perusahaan, merek baru ini menggunakan nostalgia ini untuk mengambil yang terbaik dari masa lalu sambil berharap menciptakan tujuan yang jelas untuk masa depan.
Rebranding ini menghidupkan kembali elemen inti nilai merek Saudia Airlines sekaligus menyelaraskannya dengan nilai-nilai baru perusahaan saat ini. Lambang pedang Saudia Airlines telah didesain ulang untuk menciptakan rasa keterbukaan dan kehangatan yang lebih besar sejalan dengan nilai-nilai Saudi. Lambang tersebut sekarang dirancang sebagai lengkungan bersilang untuk melambangkan persimpangan jalan dalam perjalanan. Desain tipologi pada tanda kata tersebut terinspirasi oleh kaligrafi Arab, yang membangkitkan font klasik Kerajaan sekaligus membawanya ke dunia modern. Pola-pola baru yang dinamis telah dirancang untuk mewakili esensi Kerajaan – termasuk lanskap, budaya, dan kemurahan hati.
Desain ulang ini akan diterapkan di seluruh Grup Saudia termasuk perubahan merek seluruh anak perusahaan grup, yang sangat penting bagi maskapai penerbangan, desain kabin, regenerasi lounge, ruang kantor, desain seragam, antarmuka di dalam pesawat, situs web, aplikasi, dan semua titik kontak pelanggan utama. saat peluncuran.
Ryan Frost, Direktur Kreatif Eksekutif, Landor & Fitch mengatakan: “Perubahan citra Saudia Airlines berpusat pada mengkomunikasikan pesona dan kepribadian budaya Saudi. Saat ini terlalu banyak merek yang bermain aman, sehingga mengakibatkan kelonggaran di banyak sektor. Rasa kesamaan ini lazim terjadi di industri penerbangan. Perubahan citra Saudia Airline mengatasi hal ini dengan memanfaatkan keunikan perusahaan ini – yaitu hubungannya dengan budayanya. Perubahan merek ini meningkatkan kehangatan dan keramahtamahan masyarakat Saudi untuk membuka identitas yang lebih menarik secara emosional sehingga maskapai ini menonjol dibandingkan pesaing global.”
Khaled Tash, Group Chief Marketing Officer, Saudia Group berkomentar: “Saudia Airlines adalah merek paling ikonik di Saudi. Saat kami bertanya kepada pelanggan bagaimana perasaan mereka terbang dengan Saudia Airlines, sering kali jawabannya adalah rasanya seperti di rumah sendiri. Melalui perubahan citra ini kami memutuskan untuk memperkuat identitas nasional kami dan memanfaatkan apa yang membuat kami berbeda dari pesaing kami – yaitu budaya kami. Nama dan logo kami merupakan bagian integral dari sejarah dan perkembangan penerbangan Kerajaan. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk memanfaatkan hubungan emosional yang dimiliki masyarakat Saudi dengan elemen-elemen merek kami dan mengembalikannya agar sesuai dengan dunia saat ini. Kami telah memasukkan warisan yang kaya ini ke dalam identitas baru kami yang mencerminkan pendekatan visioner kami, yang siap memikat dunia.”