5 Manfaat Mengkonsumsi Susu Kurma Secara Rutin

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Hampir semua masyarakat di Indonesia pasti mengenal kurma, buah yang dianggap mujarab untuk kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi dan vitamin yang berlimpah. Bahkan, tidak sedikit orang yang mencampurkan buah yang memiliki banyak varian ini dengan susu. Lantas, adakah manfaat susu kurma untuk kesehatan tubuh?

Susu kurma adalah olahan buah kurma yang menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi buah kurma mengandung karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan kalium. Sementara itu, susu kaya akan lemak, protein, dan segudang vitamin lainnya, seperti vitamin A, B6, dan D.

Dengan campuran nutrisi dan vitamin yang ada pada keduanya, ini khasiat yang ditawarkan oleh susu kurma. 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat yang ditawarkan oleh susu kurma adalah baik untuk kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya ternyata dapat menurunkan pemicu penyakit jantung. 

Mengonsumsi kurma salah satu manfaatnya adalah dapat menurunkan tekanan darah hingga menjadi stabil. Hal ini dikarenakan kurma kaya akan kalium, tetapi memiliki natrium yang cukup sedikit.

Kalium membantu menurunkan tekanan darah dan membantu tubuh mendorong natrium, sehingga pembuluh darah tidak begitu terganggu.

Selain itu, serat yang ada pada kurma pun juga membantu menjaga jantung tetap dalam kondisi sehat. Normalnya, empat buah kurma mengandung 6 gram serat yang memenuhi lebih dari 30% nilai kebutuhan harian. 

Campuran antara susu yang menjadi sumber kalium untuk tubuh dengan kurma membuat keduanya bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Membantu Meringankan Sembelit

Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat susu kurma lainnya adalah membantu meringankan sembelit. Bagaimana bisa?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kurma kaya akan serat. Apabila Anda mengalami sembelit, salah satu cara mengatasinya adalah makan makanan berserat.

Pasalnya, serat tidak sepenuhnya dapat dicerna, tetapi menahan air saat melewati usus Anda. Lalu, air tersebut akan melunakkan BAB dan membantu meringankan sembelit. 

Cobalah untuk mengambil 5-6 kurma dan tambahkan ke dalam susu Anda. Jangan lupa untuk mengolah susu ini dan biarkan hingga dingin. Usahakan untuk mengonsumsinya dalam perut kosong pada pagi hari. 

Campuran susu dengan kurma akan memudahkan Anda untuk mendapatkan serat yang dapat membuat BAB lancar melewati usus. 

3. Susu Kurma Memperkuat Tulang

Seperti yang Anda ketahui bahwa konsumsi susu dapat memperkuat tulang. Namun, apakah susu kurma memiliki manfaat yang sama?

Jawabannya adalah iya. Baik susu dan kurma kaya akan kalsium. Bahkan, kurma juga mengandung selenium, tembaga, dan magnesium yang bersifat memperkuat tulang Anda. Tidak hanya tulang, kandungan nutrisi ini juga membuat gigi lebih kuat.

Kalsium dan magnesium bekerja sebagai pendorong agar tulang manusia lebih kuat. Selain itu, tubuh juga mengeluarkan kalsium setiap hari dan butuh membutuhkan yang baru untuk menggantikan kalsium yang hilang. 

Maka itu, susu kurma yang mengandung kalsium tinggi mungkin menjadi bisa Anda tambahkan untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium.

4. Baik untuk Kesehatan Kulit

Siapa sangka konsumsi susu kurma ternyata bisa memberikan manfaat untuk kulit yang lebih cerah dan lembut. Menurut penelitian dari Scientific World Journal, kurma mengandung sifat anti penuaan, yaitu phytohormone.

Hormon ini dinilai dapat membantu mengurangi efek penuaan yang cukup berpengaruh. 

Sementara itu, ketika Anda akan memilih susu mungkin sering melihat label vitamin D pada kotaknya. Kenyataannya, hampir semua susu sapi UHT telah diperkaya oleh vitamin D. 

Kandungan vitamin D pada susu pun dapat membantu melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet dan mengurangi risiko kulit kering dan eksim. Maka itu, campuran susu dan kurma memberikan efek yang baik bagi kesehatan kulit. 

5. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kaya akan vitamin B, kalium, dan natrium ternyata membuat manfaat susu kurma dapat menjaga kesehatan sistem saraf. Ketiga nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk tubuh agar dapat mengirimkan pesan dari tubuh ke otak, serta sebaliknya lewat sistem saraf. 

Terlebih lagi, ion pada natrium dan kalium juga menghasilkan rangsangan saraf yang membantu menyampaikan pesan dari otak. Oleh karena itu, konsumsi susu kurma menjadi alternatif yang baik untuk yang ingin sistem sarafnya tetap sehat. 

Manfaat susu kurma memang banyak dan sungguh berkhasiat bagi tubuh, terutama saat Anda menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Kandungan nutrisi dan vitaminnya dapat Anda manfaatkan ketika sahur dan berbuka agar puasa lancar dan tubuh tetap sehat.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar