Dari Nusantara sampai Gaza, Air Minum Wakaf Terus Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Komitmen Global Wakaf – ACT terus berjalan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat luas. Salah satu program unggulan yang terus berjalan saat ini yakni Air Minum Wakaf. Program sebagai upaya pemenuhan air bersih untuk konsumsi tersebut saat ini telah menyapa sekitar 1,2 juta jiwa.

Untuk memenuhi jutaan penerima manfaat tersebut, Global Wakaf – ACT telah mendistribusikan hampir 80 ribu karton atau sekitar 790 ribu liter Air Minum Wakaf sejak Desember 2019 lalu. Bantuan tersebut disalurkan ke sejumlah ruang publik dan berbagi instansi, seperti masjid dan pesantren-pesantren yang tersebar di 20 kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

“Pendistribusian Air Minum Wakaf menyasar pondok pesantren, terutama di pondok yang mengasuh para santri prasejahtera dan yatim piatu. Selain itu, ada juga masjid-masjid yang tidak hanya aktif sebagai tempat ibadah, tetapi juga sarana aktivitas masyarakat. Layanan air minum gratis ini juga dinikmati masyarakat kurang mampu lainnya yang membutuhkan air minum layak,” ungkap Mohammad Jakfar dari Tim Global Wakaf – ACT pada Senin (16/11).

Seperti di Pekanbaru, Global Wakaf – ACT mendistribusikan Air Minum Wakaf pada Jumat (6/11). Pendistribusian Air Minum Wakaf perdana di Pekanbaru ini diawali di Masjid Jami’Atuzzahidin yang berlokasi di Jalan Jl. Hangtuah Ujung Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru.

Kehadiran Air Minum Wakaf disambut baik oleh Pengurus Masjid Jami’Atuzzahidin. Azwadi, perwakilan pengurus masjid, berterima kasih kepada Global Wakaf-ACT atas perhatiannya menyediakan air minum gratis bagi jemaah. “Kami siap membantu dan mendukung Global Wakaf-ACT dalam program Air Minum Wakaf ini,” katanya. Azwardi berharap program ini bisa menjangkau masyarakat dan masjid lebih luas lagi karena ini masih perlu diketahui oleh masyarakat banyak, terutama di Pekanbaru. 

Tak hanya di Indonesia, Air Minum Wakaf kini juga telah sampai kepada masyarakat yang berjuang demi tanahnya di Palestina. Tepatnya untuk warga Nahir Albarad dan Almoghraqa di Gaza Selatan pada Agustus lalu. Hampir dua ribu botol air kemasan ukuran satu liter dibagikan kala itu.

“Sebagian besar keluarga di Gaza kesulitan memenuhi kebutuhan pokok, termasuk membeli air bersih. Bahkan, untuk mendapatkan air bersih dari sumber air gratis pun mereka kesulitan. Kerusakan infrastruktur akibat serangan Israel membuat sumber air Gaza tercemar dan tidak bisa dikonsumsi. Oleh karena itu kami mendistribusikan Air Minum Wakaf dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan mereka di tengah kerusakan karena konflik ini,” kata Said Mukkafiy dari Tim Global Humanity Response (GHR) – ACT.

Selain menjadi solusi atas kebutuhan air minum masyarakat, Lumbung Air Wakaf akan berperan mengedukasi dan mengenalkan masyarakat secara luas tentang wakaf. Masyarakat akan melihat dan merasakan langsung bagaimana program yang dihasilkan dari dana wakaf dengan cara mudah. Oleh karenanya, Jakfar turut mengajak masyarakat untuk meluaskan kemanfaatan program ini.

“Dukungan dari para dermawan lewat setiap program-program seperti Air Minum Wakaf akan sangat berarti. Untuk berpartisipasi dalam program Air Minum Wakaf, masyarakat Indonesia bisa langsung ke laman Indonesia Dermawan atau transfer melalui Bank BNI Syariah di nomor 6600000607,” ajak Jakfar.



BACA JUGA

Tinggalkan komentar