Indonesia dan Saudi Jadi Negara Teraman Ketujuh di Dunia

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Indonesia dan Arab Saudi masuk peringkat 10 besar negara paling aman di dunia menurut jajak pendapat Gallup’s 2020 Law and Order Index . Indeks tersebut mengukur persepsi orang-orang tentang keamanan mereka sendiri di 144 negara di seluruh dunia  berdasarkan pertanyaan tentang kepercayaan pada polisi setempat, perasaan aman saat berjalan sendirian di malam hari, dan frekuensi penyerangan, penjambretan, dan pencurian.

Di antara pertanyaan yang diajukan kepada peserta survei ialah, Apakah Anda merasa aman berjalan sendirian di malam hari di kota atau daerah tempat Anda tinggal? Dalam 12 bulan terakhir, apakah Anda pernah diserang atau dirampok? Di kota atau daerah tempat tinggal Anda, apakah Anda percaya pada kepolisian setempat?

Dari survei tersebut, dilansir di Al Arabiya, Senin (2/11), Singapura menempati posisi teratas dalam indeks keseluruhan dari negara teraman di dunia. Di hampir semua tahun sebelumnya, Singapura juga menduduki peringkat pertama. Turkmenistan juga sejajar dengan Singapura yang menduduki posisi pertama.

Selanjutnya, China berada di urutan kedua, dan Islandia serta Kuwait berada di urutan ketiga. Sementara itu, Uni Emirat Arab menduduki posisi keempat, bersama dengan Austria, Norwegia, Swiss, dan Uzbekistan. Dari survei itu ditunjukkan, 92 persen populasi di negara-negara tersebut mengatakan bahwa mereka merasa aman.

Arab Saudi bertengger di urutan ketujuh, sejajar dengan Mesir dan Indonesia. Sekitar 89 persen warga di negara-negara ini mengatakan mereka merasa aman.

Sementara itu, Amerika Serikat dan Inggris menunjukkan persentase di bawah Arab Saudi, dengan masing-masing 85 persen dan 83 persen populasi yang mengatakan merasa aman. Venezuela, negara Gabon di Afrika tengah, dan Afganistan menempati peringkat sebagai tiga negara di mana penduduknya merasa paling tidak aman di antara mereka yang disurvei.

Dari semua negara di Timur Tengah, Libya, Maroko, dan Yaman masing-masing menempati peringkat terendah. Hal demikian karena perang saudara saat ini sedang berlangsung di Libya dan Yaman.

Dalam indeks spesifik negara di mana orang merasa paling aman berjalan sendirian di malam hari, Uni Emirat Arab dan Norwegia berada di peringkat ketiga. 92 persen populasi mengatakan mereka merasa aman. Selanjutnya, Kuwait menduduki peringkat keempat, dan Arab Saudi di posisi kelima.

Afrika Selatan, Venezuela, Gabon, dan Afghanistan berada di urutan terbawah dari daftar tingkat keamanan berjalan sendirian di malam hari. Hanya 29 persen warga Venezuela, dan hanya 12 persen warga Afghanistan, mengatakan mereka merasa aman berjalan sendirian di daerah mereka pada malam hari.

Survei tersebut didasarkan pada wawancara dengan hampir 175.000 orang dewasa di 144 negara dan wilayah pada 2019. Diperkirakan 1.000 orang dewasa di setiap negara tersebut disurvei.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar