Canggih, Masjid Dubai Hadirkan Fitur Scan QR Code untuk Kenalkan Sahabat Nabi

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, DUBAI — Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal di Dubai (IACAD) menambahkan fitur digital di masjid tertentu. Dengan fitur ini, pengunjung dapat membaca biografi sahabat Nabi Muhammad SAW melalui QR Code yang dicetak pada papan nama masjid.

Masjid-masjid yang akan memiliki fitur ini adalah masjid yang dinamai sesuai dengan nama sahabat Nabi Muhammad (SAW) seperti Abu Bakar As-Shiddiq, Umar Bin Khattab Al Faruk dan Khadija Binti Khuwailid.

Kepala Pemrograman Senior di IACAD, Ammar Ali, mengatakan sebuah fitur baru telah diluncurkan untuk memperkenalkan biografi sahabat nabi melalui QR Code.

“Pengunjung dapat melihat biografi sahabat cukup dengan memindai QR Code. Nantinya akan langsung muncul profil singkat tentang kehidupan sahabat. Ini menghemat pencarian online tentang sahabat dan juga tentang masjid,” ujar dia seperti dilansir dari publikasi Khaleej Times, Jumat (7/8/2020).

Bagian teknologi informasi di IACAD telah menyematkan QR Code di papan nama masjid. Setelah dipindai, sistem akan memberikan detail seperti nama lengkap sahabat, profil singkat tentang hidupnya secara detail seperti tanggal lahir dan tanggal wafatnya. Kemudian ada informasi tentang masjid, kapan masjid itu dibangun dan fitur-fitur masjid yang menonjol.

Kepala Bagian Layanan Pintar IACAD, Ali Salem Al Kharousi, mengatakan pihaknya mengadopsi praktik global terbaik dengan menyediakan berbagai layanan pintar dan digital. Langkah ini bertujuan untuk menyoroti langkah emirat mempercepat transformasi digital dan mengadopsi teknologi pintar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

“IACAD bekerja untuk membuat lompatan kualitatif dalam mengadopsi serangkaian inisiatif digital dan pintar berkelanjutan yang berkontribusi untuk meningkatkan daya saing UEA secara global, sejalan dengan arahan kepemimpinan,” jelas dia

BACA JUGA

Tinggalkan komentar