Haji Usai, Saudi Mulai Persiapan Penyelenggaraan Umrah

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, JEDDAH — Ibadah haji 2020 M/1441 H telah resmi usai. Kementerian Haji Saudi akan segera melakukan evaluasi atas pengalaman yang mereka alami selama mempersiapkan ibadah tahunan itu.

Dilansir di Saudi Gazette, proses evaluasi dan penilaian terhadap haji luar biasa ini akan dilakukan dalam waktu dua minggu ke depan. Kementerian akan berusaha melihat, mengambil manfaat dan belajar dari pengalaman berharga tersebut.

Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Haji, Dr. Hussein Al-Sharif, mengatakan kementerian akan segera memulai persiapan terkait dengan musim umroh mendatang.

Dia mengatakan kementerian akan mulai mengevaluasi pelajaran dari ziarah yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kementerian telah menyaksikan penyusunan pelaksanaan prosedur kesehatan berkualitas tinggi di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Kementerian akan mulai mengambil pelajaran dan evaluasi dari musim haji yang telah selesai, yang mana dapat disaksikan betapa tingginya kualitas kontrol kesehatan dan prosedur di tengah situasi pandemi covid-19,” tulis keterangan resmi Al-Sharif yang dilansir dari Saudi Gazette pada Selasa (4/8).

Al-Sharif mengatakan, usai melaksanakan haji para peziarah haji harus menghabiskan tujuh hari karantina rumah. Mereka tidak diizinkan meninggalkan rumah mereka selama periode ini.

Ia juga mengklaim tak ada jamaah haji 2020 yang tertular covid-19. Walau demikian Al-Sharif tetap menginstruksikan mereka menjalani karantina mandiri selama tujuh hari. Selama kurun waktu itu, mereka tak boleh pergi kemana mana. “Kemenkes Saudi akan mengecek kesehatan mereka sesuai protokol kesehatan yang berlaku,”.

Diketahui, jamaah haji 2020 berkumpul di tempat pengingapan di Mekkah setelah menuntaskan ritual haji pada Ahad (2/8). Mereka lalu menunggu giliran dibawa ke bandara untuk selanjutnya kembali ke rumah masing-masing. Adapun bagi jamaah haji 2020 yang kembali ke rumah lewat jalur darat, pemerintah Saudi menjamin transportasinya sesuai prosedur kesehatan.

“Kami mengapresiasi semua layanan dan kerja keras yang memungkinkan jamaah haji menunaikan haji tahun ini secara nyaman dan tenang”. 

BACA JUGA

Tinggalkan komentar