Konferensi Internasional Kesehatan Islam 2020 Akan Segera Digelar

Penulis Abdullah Sentani

MADANINEWS.ID, JAKARTA – Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) akan kembali menggelar International Islamic Healtcare Conference and Expo (IHEX) yang ke-3 kalinya di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta Selatan pada 27 – 29 Febuari 2020 mendatang. Tahun ini, tema yang diangkat adalah ‘Mewujudkan SDM Kesehatan Unggul dalam Mendukung Era Baru Pelayanan Kesehatan Bersyariah’.

Ketua Umum MUKISI, dr. Masyhudi AM, M.Kes mengungkapkan, MUKISI masih terfokus pada isu Rumah Sakit Syariah. Katanya, IHEX akan membahas RS Syariah dengan beberapa pendekatan berbeda dengan tujuan yang sama yaitu membangkitkan RS Syariah di Nusantara. “Kami mengajak semua masyarakat untuk meramaikan acara ini dalam konteks ikhtiar dakwah Islamiyah. Rangkaian acara telah kami design sedemikian rupa sehingga dapat terjalin kolaborasi semua komponen umat dalam menciptakan kehidupan yang bersyariah dengan mendapatkan pelayanan yang halal,” ungkap dr. Masyhudi pada konferensi pers yang di gelar di Mula Galeria, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020).

Dalam agenda IHEX 2020, sambung dia, perkembangan Halal Life Style saat ini menjadi indikator kuatnya kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa halal, tidak terkecuali pada bidang Halal Healthcare. Karena itu dengan kebutuhan masyarakat tersebut, MUKISI menetapkan adanya Rumah Sakit Syariah di Indonesia. “Kondisi itu akan memberikan peluang akan tantangan dan potensi besar dunia kesehatan di Indonesia. MUKISI akan terus melanjutkan agenda dakwahnya melalui upaya Islam yang akan kami sebar di seluruh Nusantara,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia IHEX 2020 Burhanuddin Hamid Darmadji menyatakan, pada pagelaran IHEX 2020, MUKISI mengangkat tema Sumber Daya Manusia (SDM) karena merupakan isu fundamental dalam membangun peradaban. Katanya, MUKISI akan mengemas delapan program dalam pagelaran IHEX 2020. “Kami akan membahas isu penting mengenai RS Syariah. Berangkat dari isu sentral yaitu human as a basic capital in abundance era of syariah hospital, maka akan kami formulasikan dengan tema IHEX 2020 terkait SDM itu. Tujuannya kami mampu menghadirkan sistem pelayanan kesehatan yang memiliki kapabilitas syariah dalam menjawab kebutuhan umat terhadap pelayanan kesehatan yang sesuai prinsip syariah,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pada pagelaran IHEX 2020, MUKISI akan mengemas delapan program terkait isu SDM, diantaranya Seminar International RS Syariah, Workshop RS Syariah, Pameran Islamic Helathcare dan Halal Produk, Pertemuan IIMA (Indonesia Islamic Medical Association), Rapat kerja MUKISI, Free Paper, MUKISI Award, dam Helatchcare Job Fair. “Akan banyak agenda pada IHEX 2020. Kami akan mengkolaborasikan semua agenda yang bertujuan sebagai ladang dakwah kami yang akan terus mensosialisasikan apa itu syariah, dan nikmatnya halal pada semua produk termasuk kesehatan guna mendapatkan ridha Allah SWT,” imbuhnya.

Ia menyatakan MUKISI akan terus mendukung program pemerintah dalam pengembangan halal di Indonesia. Ia juga berharap RS Syariah melalui IHEX 2020 dapat menggaungkan peminat masyarakat di bidang halal dan syariah. “Saat ini pemerintah sedang menggalakan jaminan produk halal (JPH), penguatan aspek kepada pemerintah tersebut dapat mendukung pelayanan kesehatan syariah,” tutupnya.[]

BACA JUGA

Tinggalkan komentar