Home Dunia Islam Nusantara Meriah, Festival Seribu Utara dihadiri 2 Ribu Orang

Meriah, Festival Seribu Utara dihadiri 2 Ribu Orang

Penampilan Jalie Gimbs di Festival Seribu Utara. (foto:abi/madani)

MADANINEWS.ID, KEPULAUAN SERIBU — Festival Seribu Utara resmi digelar pada malam ini Sabtu 12 Oktober 2019 di Lapangan Sepak Bola Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Sekitar 2000 orang memadati lapangan tempat acara berlangsung.

Acara yang digelar untuk kedua kalinya ini diselenggarakan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudinparbud) Kepulauan Seribu, Karang Taruna dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan bersama warga Kepulauan Seribu.

Festival Seribu Utara dimulai pukul 20.00 WIB dengan penampilan pembuka band PMR, disusul penampilan Jalie Gimbs. Acara semakin meriah kala Presiden Reggae Indonesia, Tony Q Rastafara tampil membawakan beberapa lagu hitsnya seperti Pesta Pantai, Dont Worry, Kangen, Salam Damai, Tertanam dan beberapa lagu hits lainnya.

Menurut Kasudinparbud Kepuluan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia, Festival ini dihelat dengan tujuan untuk mempromosikan destinasi wisata Kepulauan Seribu Utara khususnya Pulau Kelapa.

“Tentu saja kita ingin melalui acara seperti ini, mampu mengenalkan keindahan Kepulauan Seribu khususnya pulau Kelapa dan meningkatkan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” kata Cucu kepada madaninews.id di sela-sela acara.

Dijelaskannya, selain untuk mempromosikan wisata acara ini juga diharapkan mampu mengangkat ekonomi masyarakat di Kepulauan Seribu.

“Festival ini kan diselenggarakan sama sama dengan warga, lalu kita lihat, kita sediakan tempat untuk warga berjualan sekaligus meramaikan acara. Selain itu, banyak juga homestay milik masyarakat yang disewa oleh para pengunjung. ┬áSemoga dengan kegiatan ini ekonomi warga juga terangkat, ” papar Cucu.

Cucu berharap kedepan, pihaknya mampu menggelar lebih banyak acara seperti ini dan membuat Kepulauan seribu lebih dikenal lagi oleh masyarakat dan tentunya jumlah wisatawan terus meningkat dan ekonomi masyarakat juga ikut tumbuh.

“Tugas kita semua untuk bisa membuat Kepulauan Seribu lebih terkenal bukan hanya di Indonesia, tapi juga mancanegara,”sambungnya.

Diketahui Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau turis asing yang pelesiran ke Kepulauan Seribu terus meningkat dalam tiga tahun terakhir. Berdasarkan data Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Seribu, jumlah turis asing tahun 2018 tercatat sebanyak 28.963 orang, naik tipis dari 2017 sebesar 28.731 orang.

Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Di tahun 2015 misalnya, jumlah turis mancanegara yang melancong ke Kepulauan Seribu hanya 10.836 orang. Sementara tahun 2016 sebanyak 24.517 turis asing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here