Home Info Halal Jokowi Resmikan Miniatur Halal Park

Jokowi Resmikan Miniatur Halal Park

Peresmian Halal Park oleh Prsiden Jokowi (foto:istimewa)

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo meresmikan miniatur Halal Park(Moslem District Destination) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Peresmian dilakukan oleh Presiden Jokowi usai dirinya melaksanakan ibadah Umroh.

Presiden Joko Widodo didampingi oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

“Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, Halal Park Indonesia pagi ini saya nyatakan diresmikan,” ujar Jokowi saat meresmikan Halal Park, Selasa (16/4).

Jokowi bilang, distrik halal bukan lah barang baru yang dikerjakan oleh pemerintah. Hal itu telah direncanakan pemerintah sejak tahun 2018 lalu.

Nantinya distrik tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 21.000 meter persegi dan akan membuka kerja sama dari berbagai sektor baik pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan pelaku usaha hala termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Hari ini sesuatu yang kita mulai halal park sebagai embrio dari pembangunan halal district. Akan dibangun 21 ribu meter persegi bangunan dan ruangnya dan mencapai nilai investasi bangunan USD250 miliar akan dikerjakan di sini,” papar Jokowi.

Jokowi yakin industri halal dapat digunakan sebagai motor perekonomian nasional. Hal tersebut melihat dari potensi pasar produk halal yang besar. selain itu, kata Jokowi, permintaan produk halal di 2019 mencapai USD3,7 triliun. Padahal, kata dia, tahun 2013 masih sebesar USD2 triliun.

“Artinya ada pertumbuhan yang sangat besar. Pertumbuhannya mencapai 9,5 persen. Ini sebuah growth yang sangat tinggi,” ucapnya

Menurut Jokowi, sekitar 140 juta terdapat wisatawan muslim pada 2018. Angka itu diprediksi bisa mencapai 158 juta pada 2020. “Dengan spending online sampai USD35 miliar. Jumlah turis muslim dunia trus meningkat dari tahun ke tahun. Ini sebuah jumlah besar sekali,” imbuhnya.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan melirik segmen pasar dari turis muslim dari berbagai belahan dunia itu. Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar dunia.

“Tahun 2019 Target kunjungan wisatawan halal ke Indonesia adalah 5 juta orang ini seperempat dari total target wisatawan yang kita harapkan datang ke Indonesia. Dan Target kita tumbuh 42 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ini juga loncatan yang sangat besar sekali,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here