Home Kegiatan IPEMI IPEMI Sumut Gelar Festival Kuliner Nusantara

IPEMI Sumut Gelar Festival Kuliner Nusantara

IPEMI SUMUT Oil Palm Science Techno Park (OPSTP) dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) menggelar Festival Kuliner Nusantara Berbasis Kelapa Sawit. (foto:istimewa)

MADANINEWS.ID, MEDAN – Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Perwakilan Wilayah Sumatera Utara bekerjasama dengan Oil Palm Science Techno Park (OPSTP) dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) menggelar Festival Kuliner Nusantara Berbasis Kelapa Sawit, yang berlangsung pada Kamis-Minggu (4-7) Oktober 2018 di Kompleks Oil Palm Science Techno Park (OPSTP) jalan Brigjend Katamso Medan.

Dalam kegiatan tersebut, IPEMI Sumut juga mengantarkan salah seorang pengusaha UKM binaannya, Aem Kitchen, sebagai Juara 1 sekaligus icon produk dalam lomba Kreasi Makanan Berbasis Kelapa Sawit.

Dalam Festival Kuliner Berbasis Kelapa Sawit itu digelar banyak acara yakni bazaar, lomba foto dan vlog, talk show, stand up comedy, art performance, seminar, tausiah, lomba kreasi makanan, demo masak, senam ceria, safari dakwah, pemeriksaan kesehatan dan donor darah, dll.

Selama empat hari, digelar beberapa sesi talk show dan seminar yang umumnya membahas tema pangan, kuliner dan kewirausahaan, serta permodalan. Pada hari pertama, tema talk show adalah tentang Pangan Sehat Berbasis Sawit, yang menghadirkan narasumber pakar kesehatan dan gizi, Dr dr Dina Keumala Sari, M Gizi, Sp GK dan Dr Donald Siahaan.
Sementara di hari kedua digelar Seminar ‘Palm Oil Education Care’ dan kunjungan ke
Workshop PPKS.

Dalam kegiatan seminar ini para peserta mendapatkan voucher makan siang senilai Rp 50 ribu yang dapat dibelanjakan pada stand-stand bazaar IPEMI yang ada. Di hari yang sama, pada sore harinya juga digelar talk show yang bertajuk ‘Kewirausahaan dan Prospek Usaha Kuliner’, yang menghadirkan Ketua IPEMI Sumut, Hj Yulidar Bugis, SE, sebagai narasumber dan Helmi Muhansah dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit (BPDP). Dan di hari ketiga, talk show membahas “Pangan Sehat Berbasis Sawit” dengan narasumber Prof Dr Posman Sibuea dan Ahmad Ghazali Sofwan Sinaga, MSi.

Ketua IPEMI Sumut Hj Yulidar Bugis, SE, mengatakan, bahwa keluarga besar IPEMI Sumut sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Oil Palm Science Techno Park (OPSTP) dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) untuk bersama-sama terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan Festival Kuliner Nusantara Berbasis Kelapa Sawit.

Yulidar menandaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya penting dalam membesarkan para pelaku usaha yang ada di Sumatera Utara, khususnya yang bergerak di sektor UMKM.

Ia berharap agar ke depannya, kegiatan-kegiatan serupa dapat lebih banyak diselenggarakan, selain untuk menjadi wadah berkumpulnya para pelaku usaha dan masyarakat sebagai konsumen, juga sebagai media untuk menambah berbagai ilmu dan informasi bermanfaat seputar pengolahan pangan sehat dan pengembangan usaha.

Festival Kuliner Nusantara Berbasis Kelapa Sawit ini diikuti oleh seluruh pengusaha UKM yang bergabung dalam IPEMI Sumut dan kepengurusan IPEMI kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara. Demo masak IPEMI merupakan salah satu acara yang ramai dikunjungi, baik oleh para anggota IPEMI maupun masyarakat umum.

Dalam demo masak itu para chef yang dihadirkan menyajikan berbagai tips dan trik pengolahan dan penyajian makanan yang disimak penuh antusias oleh seluruh peserta dan hadirin.

Hj Yulidar Bugis, SE, juga mengharapkan agar sinergi yang terbangun dengan Oil Palm Science Techno Park (OPSTP) dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), dapat terus terjalindengan baik dan memberikan manfaat timbal balik yang positif, khususnya bagi perkembangan dan kemajuan para pengusaha UMKM di Sumut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here