Saudi Baangun 4 Terowongan untuk Mudahkan Peziarah ke Masjid Nabawi

Penulis Abi Abdul Jabbar

IBADAH.ID, Madinah – Otoritas Pembangunan Madinah telah membuka empat terowongan pejalan kaki yang bertujuan membantu pengunjung dan penduduk dari distrik terdekat untuk mencapai Masjid Nabawi dengan mudah dan nyaman. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan tempat yang dekat dari Masjid Nabawi.

“Terowongan ini akan berkontribusi untuk memfasilitasi pergerakan para penyembah dan pengunjung yang melewati King Faisal Road dan memastikan keselamatan dan keamanan mereka,” kata seorang pejabat senior di otoritas pembangunan Madinah seperti dilansir saudigazette, Kamis (19/07).

Dari keempatnya, terowongan  No. 2 dan 3, masing-masing memiliki panjang 125 meter dan telah dilengkapi dengan eskalator untuk kepentingan para lansia dan orang-orang dengan kebutuhan khusus. Disana juga disediakan dengan 12 lift di samping tangga biasa.

“Tangga ini dirancang untuk penggunaan orang-orang dari semua kelompok umur termasuk orang tua,” kata pejabat tersebut.

Terowongan akan membawa orang ke bagian utara wilayah pusat Madinah tanpa melintasi jalan yang penuh dengan kendaraan.

Terowongan dilengkapi dengan kipas dan AC, sistem pemadam kebakaran, sistem cahaya dan suara, serta kamera keamanan untuk memantau kelancaran arus pejalan kaki. Pintu masuk terowongan ini telah dihiasi dengan struktur logam dan kaca yang menarik.

Adapun lokasinya, terowongan Al-Salam  terletak di barat daya masjid, sementara terowongan Awali terletak di sebelah tenggara. Terowongan juga mereka menyediakan jalur aman untuk jamaah dan pengunjung Masjid Nabawi.

Proyek terowongan ini dilakukan di bawah pengawasan Madinah Emir Prince Faisal Bin Salman, yang telah memulai sejumlah proyek pembangunan di kota suci tersebut.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar