CIMB Niaga Syariah Beri Bantuan Mobil Ambulance Untuk Warga Bandung Barat

Penulis Abi Abdul Jabbar

 MADANINEWS.ID, BANDUNG BARAT — Warga Desa Puncaksari, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mendapatkan bantuan satu unit mobil ambulance dari Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah), Rabu (2/9/2020).

Bantuan tersebut diserahkan langsung Head of Sharia Consumer Bank CIMB Niaga, Bung Aldilla kepada Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna di kantor Desa Puncaksari.

“Bantuan ini kami berikan ke Desa Puncaksari karena beberapa bulan lalu kami ke sini, kepala desanya mengatakan butuh bantuan ambulance dan perbaikan rumah tidak layak huni. Makanya kami coba bantu dan terealisasi hari ini,” ucap Bung Aldilla kepada wartawan.

Menurutnya jika dihitung sejak beberapa tahun lalu bantuan ambulance sudah sekitar 7-8 kendaraan yang didistribusikan kepada masyarakat di sejumlah daerah. Sebagai bank syariah pihaknya tentunya tidak hanya memikirkan profit duniawi semata. Tapi bagaimana memberikan kemaslahatan bagi masyarakat banyak, melalui berbagai program sosial dan pemberdayaan ekonomi.

“Seperti di sini, selain memberikan mobil ambulance kami juga merenovasi rumah tidak layak huni dan bantuan serta pendampingan Kelompok Usaha Bersama (KUBE),” sambungnya.

Ambulance ini dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti tabung oksigen, regulator, tabung pemadam kebakaran, alat-alat infus, tandu medis, flowmeter dan wastafel portable untuk mencuci tangan. Beragam fasilitas ini disiapkan sebagai sarana pertolongan pertama bagi warga yang sakit selama dalam perjalanan dan sebelum mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

Bantuan itu bersumber dari Dana Kebajikan persembahan nasabah CIMB Niaga Syariah. Melalui program-itu CIMB Niaga Syariah ingin agar kehadiran perbankan syariah dapat dirasakan masyarakat luas. “Dengan begitu, manfaat nyata dari perbankan syariah dapat lebih merata, sejalan dengan konsep yang diusung yaitu Syariah untuk Semua,” jelas Aldilla.

Pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan mengelola dan membantu program digitaliasi pengeloaan keuangan bagi perangkat desa. Melalui dukungan fasilitas digital banking yang mumpuni dan menjadi satu-satunya bank syariah yang masuk kedalam BUKU 4, Bung Aldilla berharap dapat membantu dalam pengelolaan anggaran. 

“CIMB Niaga Syariah berusaha program-program yang dimiliki dapat memberikan manfaat bagi pemerintahan Kabupaten Bandung Barat, termasuk juga masyarakat Desa Puncaksari khususnya,” tuturnya.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengucapkan terima kasih atas bantuan mobil ambulance dari Bank CIMB Niaga Syariah yang diserahkan ke Desa Puncaksari. “Ini merupakan bantuan pertama dari perusahaan perbankan yang diberikan tahun ini di tengah pandemi COVID-19. Sehingga manfaatnya sangat besar, karena saat ini kondisi ekonomi masyarakat sedang terpuruk,” ungkap bupati.

Bantuan ambulance ini tentunya, lanjut bupati, akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi kepentingan warga Puncaksari dan juga warga desa lainnya. “Kalau mengandalkan anggaran Pemda sulit, apalagi di tengah kondisi COVID-19. Rumah tidak layak huni saja ada 22.000, lalu belum semua desa memiliki mobil ambulance. Saya ucapkan terima kasih dan semoga bantuan ini bisa digunakan oleh siapapun yang membutuhkan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Puncaksari Abdurosyid mengakui jika desanya sangat membutuhkan fasilitas kendaraan ambulance. Selain itu, banyak warga yang memiliki Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) dan butuh bantuan perbaikan segera. “Mobil ambulance perlu untuk bawa warga sakit ke RSUD Cililin sebagai rumah sakit rujukan terdekat. Kalau Rumah tidak layak huni Rutilahu banyak warga yang ekonominya kurang mampu dan terimbas COVID-19, sehingga jangankan merehab sendiri untuk hidup sehari-hari saja mereka susah,” imbuhnya.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar