Wapres Ma’ruf Terima Gelar Honoris Causa Bidang Ekonomi Syariah

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, MAKASSAR — Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin mendapat penghargaan gelar Doktor Honoris Causa dalam Bidang Ilmu Manajemen keminatan Syariah dan berjasa pada pengembangan ekonomi syariah dari Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/6/2020).

Wapres mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepadanya dalam bidang ilmu manajemen keminataan syariah UMI. Dia juga memberikan apresiasi kepada kampus tersebut karena membuka program studi tersebut.

“Hal ini saya harapkan dapat berkontribusi dalam melahirkan praktisi-praktisi manajemen yang tidak saja mempu memahami teori manajemen modern tetapi juga mampu menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam setiap aktivitas usaha yang dijalankannya,” ujarnya, Selasa (23/6/2020).

Dalam orasi ilmiahnya, Wapres mendorong agar manajemen modern dan tata kelola yang baik diterapkan dalam setiap usaha syariah.

“Kegiatan usaha syariah, menurut saya harus lebih mampu menerapkan prinsip manajemen modern dan prinsip tata kelola usaha yang baik, karena kegiatan usaha syariah selain harus mampu menjalankan usaha yang menguntungkan, juga harus mampu memenuhi ketentuan syariah yang lebih ketat,” kata

Dia mencontohkan bank syariah yang saat ini dikelola dengan baik karena diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Dewan ini berperan penting mengawasi operasional dan produk-produknya agar sesuai dengan prinsip syariah.

Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pengelolaan di antaranya pelaksanaan operasional, lingkungan dan budaya kerja, cara berpakaian dan sikap karyawan, serta dalam pengembangan produk yang dijalankan harus sesuai dengan syariat Islam.

“DPS bertugas mengawasi operasional bank syariah dan produk-produknya agar sesuai dengan prinsip syariah. DPS biasanya diposisikan setingkat dengan Dewan Komisaris,” katanya.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar