Doa Rasulullah saat Akan Berpisah dengan Bulan Ramadhan

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Tak terasa bulan suci Ramadhan telah mendekati hari terakhirnya. Umat muslim sedunia akan berpisah dengan Bulan suci penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT.

Ramadhan merupakan tamu agung yang dielu-elukan kedatangannya dengan berbagai amalan yang dianjurkan karena diyakini mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Jika kita renungkan, selama sebulan ini Allah begitu sayang kepada orang-orang yang gemar melakukan ketaatan di bulan Ramadhan.

Betapa banyak amalan di bulan ini yang di dalamnya terdapat pengampunan dosa. Maka sungguh sangat merugi jika seseorang meninggalkan bulan Ramadhan tanpa memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Sementara itu, Rasulullah SAW punya doa khusus saat akan berpisah dengan Ramadhan. Doa ini pun bisa menjadi amalan baik yang akan memberikan kebaikan bagi muslim yang membacanya. Berikut doanya:

للَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Artinya: “Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi,”

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah ra dari Muhammad al-Musthofa SAW: “Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah”.

Inilah doanya:

“Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan puasa yang sia-sia,”.

Adapun doa-doa yang lain yang bisa dibaca menjelang akhir bulan Ramadhan yaitu:

“Seandainya masih ada padaku dosa yang belum Engkau ampuni atau dosa yang menyebabkan aku disiksa karenanya, sehingga terbitnya fajar malam ini atau sehingga berlalunya bulan ini, maka ampunilah semuanya wahai Dzat Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi.”

“Ya Allah, terimalah puasaku dengan sebaik-baiknya penerimaan, perkenan, kemaafan, kemurahan, pengampunan dan keridhaan-Mu. Sehingga Engkau memenangkan aku dengan segala kebaikan, segala anugerah yang Engkau curahkan di bulan ini,”

“Selamatkanlah aku dari bencana yang mengancam atau dosa yang berterusan. Demikian juga, dengan rahmat-Mu masukkanlah aku ke dalam golongan orang² yang mendapatkan (keutamaan) di Lailatul Qadar. Malam yang telah Engkau tetapkan lebih baik dari seribu bulan.”

“Semoga perpisahanku dengan bulan Ramadhan ini bukanlah perpisahan untuk selamanya dan bukan juga pertemuan terakhirku. Semoga aku dapat kembali bertemu dengan Ramadhan mendatang dalam keadaan penuh harapan dan kesejahteraan,”

Semoga Allah SWT memberikan umur panjang bagi kita semua agar bisa kembali bertemu dengan Ramadhan di tahun yang akan datang. Amin.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar