Kiat Menyikapi Wabah Corona Sesuai Ajaran Islam

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Fenomena wabah virus corona (covid-19) yang muncul di awal tahun 2020 ini semakin lama semakin membuat kekhawatiran di seluruh dunia. Bagaimana tidak, virus yang muncul pertama kali di kota Wuhan provinsi Hubei China ini telah memakan korban lebih dari 2600 nyawa dan menginfeksi sekitar 80.000 jiwa atau lebih.

Virus yang sampai saat ini belum ditemukan penangkalnya telah merambah hampir ke seluruh negara-negara besar di dunia. Mulai dari China, Korea Selatan, Singapura dan lainnya di daratan Asia, hingga ke Italia,Prancis dan lainnya di daratan Eropa. Dan beberapa waktu lalu Presiden Jokowi mengumumkan bahwa kasus virus corona telah menjangkit dua warga Indonesia.

Akibat virus ini, disamping korban yang terus berjatuhan yang mana angkanya telah mendekati hampir ratusan ribu jiwa baik yang meninggal ataupun yang terinfeksi, jutaan manusia lainnya terancam terkena wabah mematikan ini. Di samping itu, tercatat ratusan kota diisolasi, ribuan jalur penerbangan ditutup, bahkan secara khusus Negara Arab Saudi menghentikan sementara kedatangan jamaah umroh guna mengantisipasi tersebarnya wabah ini di dua tanah suci.

Menyikapi epidemi global ini, sebagai seorang muslim hendaklah kita kembali kepada ajaran-ajaran agama kita. Dan berikut ini beberapa kiat-kiat yang dapat kita tempuh sebagai seorang muslim dalam menyikapi wabah virus corona yang sedang mewabah saat ini:

1. Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah.

Virus corona adalah makhluk sebagaimana makhluk-makhluk Allah lainnya, dan ia tidaklah bergerak kecuali atas perintah dan izin Allah ta’ala yang menciptakannya. Oleh karenanya, kita berlindung dari wabah ini kepada Allah sebelum kita berlindung kepada kemampuan diri kita sendiri atau kemampuan makhluk lainnya. Ingatlah bahwa Allah adalah sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penjaga. Allah berfirman:

(فَٱللَّهُ خَيۡرٌ حَٰفِظٗاۖ وَهُوَ أَرۡحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ)

Maka Allah adalah sebaik-baiknya penjaga dan Dialah Maha Penyayang di antara para penyayang”. (QS Yusuf, Ayat 64).

Berlindung kepada Allah ini bisa dilakukan dengan senantiasa membaca doa-doa pelindung yang bersumber dari Al-Qur’an seperti surat Al-Falaq dan surat An-Nas ataupun dari doa-doa yang bersumber dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, seperti doa yang dianjurkan untuk dibaca di pagi dan petang hari:

(بِسمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهَ شَيءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَمَاءِ وَهُوَ السَمِيعُ العَلِيم)

Dengan nama Allah yang tidak membahayakan dengan namaNya segala sesuatu yang ada di langit dan bumi, dan Ia lah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Doa ini berdasarkan sabda Nabi shallahu alaihi wasallam, bila diamalkan oleh seorang hamba di pagi dan petang hari masing-masing sebanyak tiga kali, maka niscaya tidak akan membahayakannya segala sesuatu apapun yang ada di atas muka bumi ini.

2. Berikhtiar dengan melakukan pencegahan.

Di samping berlindung kepada Allah, tentunya sebagai seorang manusia kita juga harus berikhtiar dengan melakukan usaha-usaha pencegahan agar virus ini tidak menular kepada diri kita atau kepada orang-orang yang kita sayangi. Ikhtiar ini bisa dilakukan dalam skala individu maupun skala berjamaah.

Ikhtiar dalam skala individu dilakukan dengan mengikuti cara-cara yang dianjurkan oleh para ahli dalam bidang ini, seperti rutin menjaga kesehatan, rutin mencuci tangan, rutin memakan dari makanan-makanan yang baik, rutin memakai masker dikeramaian, serta menghindari keluar rumah dan berkumpul di tempat keramaian bila tidak diperlukan.

Adapun ikhtiar dalam skala berjamaah, maka bisa dilakukan dengan cara melakukan pencegahan-pencegahan agar virus ini tidak merambah ke skala yang lebih luas lagi seperti melakukan isolasi kepada mereka-mereka yang terkena virus atau mereka yang tercurigai terkena virus. Dan ikhtiar ini hendaklah dilakukan oleh pihak-pihak yang berwenang. Hal ini berdasarkan makna hadis Nabi shallallahu alaihi wasallam yang berbunyi:

(إذا سَمِعْتُمْ بِهِ بِأرْضٍ، فلاَ تَقْدمُوا عَلَيْهِ، وإذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا، فَلا تخْرُجُوا فِرَارًا مِنْهُ)

“Apabila kalian mendengar tentangnya (wabah penyakit) di sebuah tempat, maka janganlah kalian masuk ke dalamnya, dan bila kalian berada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar daripadanya sebagai bentuk lari daripadanya”. (HR.Bukhari dan Muslim)

3. Bertawakkal kepada Allah.

Setelah melakukan ikthtiar-ikhtiar yang ada, maka pada akhirnya semua kita serahkan kepada Allah. Kita tawakkalkan diri kita kepadaNya. Karena hidup dan mati kita sebagai seorang hamba semua berada di tanganNya. Allah berfirman:

(قُلۡ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحۡيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ)

Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam”. (QS Al-An’am, Ayat 162)

Dan perlu kita ketahui bahwa seorang hamba akan tetap hidup bilamana memang ajalnya belum datang, bahkan bila virus corona ataupun virus lainnya yang lebih ganas daripada itu menjangkitinya, namun bila memang sudah ajalnya, jangankan virus corona atau yang lebih dari itu, bahkan digigit semut pun seseorang bisa mati jikalau memang ajalnya telah tiba.

Ajal seseorang pasti datang, namun pertanyaannya adalah apakah yang telah kita persiapkan dari amalan saleh menyambut ajal tersebut? Semoga Allah menutup hidup kita dengan husnul khotimah.

4. Yakin kepada Allah akan kesembuhan.

Bila ada di antara kita yang ditakdirkan oleh Allah tertimpa penyakit ini, maka yakinlah bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penyembuh karena Ia lah Tuhan Yang Maha Penyembuh.

Dan yakinlah juga bahwa tidak ada penyakit yang Allah turunkan, kecuali ada juga obat yang diturunkan bersamanya. Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

(إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ حَيْثُ خَلَقَ الدَّاءَ خَلَقَ الدَّوَاءَ فَتَدَاوَوْا ) رواه أحمد (12186) وحسنه الألباني.

Sesungguhnya Allah ketika menciptakan penyakit maka ia menciptakan penyembuhnya, maka berobatlah”. (HR. Ahmad (no:12186) dan dihasankan oleh Imam Albani).

Demikianlah beberapa kiat-kiat dalam menyikapi wabah virus corona ini, dan yang terakhir, mari kita berdoa kepada Allah agar supaya Ia senantiasa menjaga diri kita, keluarga kita, kerabat kita dan orang-orang yang kita sayangi dari terkena wabah virus ini. Mari kita juga berdoa kepada Allah agar Ia senantiasa menjaga negeri kita dan juga negeri-negeri kaum muslimin lainnya dari wabah penyakit mematikan ini. Dan tak lupa juga kita sisipkan doa-doa terbaik kita kepada mereka saudara-saudara kita yang sedang diuji dengan virus ini agar supaya Allah segera menyembuhkan mereka dari penyakit ini.

BACA JUGA

67 komentar

Muhamad Riyadi 16 March 2020 - 7:47 pm

Virus corona ini sangat mematikan , jika kita ingin terhindar dari penyakit ini maka berdoa lah kepada Allah, karena Allah maha nya segala maha tida ada yang tida mungkin bagi nya.

Balas
Hanna mutiara 17 March 2020 - 8:09 pm

Dari artikel yang saya baca menurut saya wabah penyakit ini sangat membahayakan untuk kita semua
Tetapi harus di ingat kembali sehat sakit kematian itu telah di gariskan oleh Allah SWT maka dari itu kita sebagai kaum Muslim tak usah terlalu mengkhawatirkan soal penyakit ini pasrahkan semua nya kepada yang maha kuasa yaitu ALLAH SWT

Balas
Mutya Nasilva 8G 8 April 2020 - 7:21 am

sebagai seorang muslim hendaklah kita kembali kepada ajaran-ajaran agama kita.
yaitu:
1. Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah.
2. Berikhtiar dengan melakukan pencegahan.
3. Bertawakkal kepada Allah.
4. Yakin kepada Allah akan kesembuhan.
karena Allah Maha Penyembuh

Demikianlah beberapa kiat-kiat dalam menyikapi wabah virus corona ini, mari kita berdoa kepada Allah agar supaya Ia senantiasa menjaga diri kita, keluarga kita, kerabat kita dan orang-orang yang kita sayangi dari terkena wabah virus ini. Mari kita juga berdoa kepada Allah agar Ia senantiasa menjaga negeri kita dan juga negeri-negeri kaum muslimin lainnya dari wabah penyakit mematikan ini.

virus ini dapat Menyebar luas
Jadi Marilah Kita menjaga kesehatan , Kebersihan Lingkungan
dan Berdoa Kepada Allah
Supanya Kita Terhindar Dari Virus Tersebut.

Balas
Muhamad hafijan awaludin 18 March 2020 - 9:30 pm

Setelah saya membaca dan memahami tentang bahaya nya virus corona ini saya jadi paham bahwa pada dasarnya virus korona ini sangat berbahya maka dari itu saya sangat berhati apa bila ketempat ketempat yg penuh keramayan.
Dan juga setelah saya membaca kutipan di atas saya menjadi tau gimana caranya menyikapi dan menghindari tertularnya virus corona ini yaitu dengan cara makin mendekatkan kita terhadap allah SWT.sebagai mana Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

(إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ حَيْثُ خَلَقَ الدَّاءَ خَلَقَ الدَّوَاءَ فَتَدَاوَوْا ) رواه أحمد (12186) وحسنه الألباني.
“Sesungguhnya Allah ketika menciptakan penyakit maka ia menciptakan penyembuhnya, maka berobatlah”. (HR. Ahmad (no:12186) dan dihasankan oleh Imam Albani). Jadi semakin kita taat kepada allah dan semakin di jauhkan pula dari penyakit terutama virus corona ini.

Balas
Mutiara aulia 9 April 2020 - 11:07 am

Virus Corona telah merambah hampir ke seluruh dunia,cara menyikapi wabah virus corona
1. Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah.
Virus corona adalah makhluk sebagaimana makhluk-makhluk Allah lainnya, dan ia tidaklah bergerak kecuali atas perintah dan izin Allah ta’ala yang menciptakannya. Oleh karenanya, kita berlindung dari wabah ini kepada Allah sebelum kita berlindung kepada kemampuan diri kita sendiri atau kemampuan makhluk lainnya.
2. Berikhtiar dengan melakukan pencegahan.
Di samping berlindung kepada Allah, tentunya sebagai seorang manusia kita juga harus berikhtiar dengan melakukan usaha-usaha pencegahan agar virus ini tidak menular kepada diri kita atau kepada orang-orang yang kita sayangi. Ikhtiar ini bisa dilakukan dalam skala individu maupun skala berjamaah.
3. Bertawakkal kepada Allah.
Setelah melakukan ikthtiar-ikhtiar yang ada, maka pada akhirnya semua kita serahkan kepada Allah. Kita tawakkalkan diri kita kepadaNya.
4. Yakin kepada Allah akan kesembuhan.
Bila ada di antara kita yang ditakdirkan oleh Allah tertimpa penyakit ini, maka yakinlah bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penyembuh karena Ia lah Tuhan Yang Maha Penyembuh.

Balas
[email protected] 6 May 2020 - 9:11 am

Alhamdulilah..dgn membaca ini saya jdi lebih yakin untuk menjalani hidup yg lebih baik.membiasakan diri hidup sehat.trimakasih..

Balas
Diadara Vitrama Yustika 19 March 2020 - 8:53 am

Baik terima kasih atas materi nya bah saya sudah membacanya dan paham dalam menyikapi wabah virus Corona ini

Balas
Sonia 16 April 2020 - 12:03 pm

Terima kasih. Sangat bermanfaat:)

Balas
ELISA 19 March 2020 - 11:56 am

Jadi,kita sebagai seorang muslim hendaklah kita kembali kepada ajaran-ajaran agama islam. Dan menyikapi wabah virus corona yang sedang mewabah saat ini yaitu :
1.Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah karena Virus corona adalah makhluk sebagaimana makhluk-makhluk Allah lainnya, dan ia tidaklah bergerak kecuali atas perintah dan izin Allah ta’ala yang menciptakannya.
2.Berikhtiar dengan melakukan pencegahan
Di samping berlindung kepada Allah, tentunya sebagai seorang manusia kita juga harus berikhtiar dengan melakukan usaha-usaha pencegahan agar virus ini tidak menular kepada diri kita atau kepada orang-orang yang kita sayangi. Ikhtiar ini bisa dilakukan dalam skala individu maupun skala berjamaah.
3.Bertawakkal kepada Allah
4.Yakin kepada Allah akan kesembuhan bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penyembuh karena Ia lah Tuhan Yang Maha Penyembuh.

Balas
ELISA 19 March 2020 - 12:05 pm

Jadi,Kita sebagai seorang muslim hendaklah kita kembali kepada ajaran-ajaran agama islam dan
menyikapi wabah virus corona yang sedang mewabah saat ini dengan cara :
1.Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah karena Virus corona adalah makhluk sebagaimana makhluk-makhluk Allah lainnya, dan ia tidaklah bergerak kecuali atas perintah dan izin Allah ta’ala yang menciptakannya.
2.Berikhtiar dengan melakukan pencegahan
Di samping berlindung kepada Allah, tentunya sebagai seorang manusia kita juga harus berikhtiar dengan melakukan usaha-usaha pencegahan agar virus ini tidak menular kepada diri kita atau kepada orang-orang yang kita sayangi. Ikhtiar ini bisa dilakukan dalam skala individu maupun skala berjamaah.
3.Bertawakkal kepada Allah
4.Yakin kepada Allah akan kesembuhan bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penyembuh karena Ia lah Tuhan Yang Maha Penyembuh.

Balas
Rosita 19 March 2020 - 1:58 pm

Saya jadi mengetahui adanya wabah virus corona yang tertulis didalam hadist agama islam.

Balas
Mochamad Rangga Sutrisna 19 March 2020 - 2:56 pm

Assalamualaikum wr,wb
Terima kasih atas materinya bah,saya sudah membaca dan paham dalam menyikapi wabah virus corona ini
Walaikumsalam wr,wb

Balas
widiya kurnia amelia 20 March 2020 - 4:42 pm

Menyikapi wabah virus corona ini dengan senantiasa yakin kepada Allah akan menyembuhkan

Balas
Bunga syara Nurwulan 8 April 2020 - 11:45 am

Berikhtiar dengan melakukan pencegahan.
Tawakal Kepada Allah Swt.
Dan bergaya Hidup sehat

Balas
Abdul Rochim 31 March 2020 - 9:03 am

MasyaAllah

Balas
Basmah kartika 15 April 2020 - 8:36 am

Saya ijin share kak🙏🏻

Balas
Sri sumiati 31 March 2020 - 7:37 pm

Tentang virus corona yang mematikan hampir seluruh dunia sangat mengerikan… Virus ini membuat semua manusia tak berdaya dan bahkan kematian,, penularan nya begitu cepat,, tindakan pemerintah di Indonesia bahwa kita semua harus tinggal di rumah aja dan tetap menjaga ke bersihan… dan jaga jarak,.. Tetap berdoa kepada Allah SWT semoga semua virus di musnakan dimuka bumi ini.. Hanya kepada Allah SWT lah kita semua umat manusia minta pertolongannya..

Balas
Sayem 31 March 2020 - 9:49 pm

Betapa pentingnya kebersihan dan betapa kita harus meyakini bahwa tdk ada satu kejadian tanpa ijin Alloh, dan Alloh sebaik baik tempat berlindung dari segala bala dan bencana juga berbagai penyakit, Rusululloh Muhammad sebagai contoh teladan yg nyata

Balas
Razka Alfi juansa 8 April 2020 - 7:10 am

Kita harus jaga kebersihan dan kita harus berdoa kepada Allah SWT dan kita harus rajin berdoa dan ihtiar kepada Allah SWT dan kita harus menjaga kebersihan di sekitar rumah kita dan virus pun tidak akan masuk ke tubuh kita dan kita harus menjaga makananan /makanan harus yang bergiji dan menyehat kan tubuh

Balas
Muhammad zahran 8 April 2020 - 7:12 am

Sgala sesuatu yg terjadi di dunia ini atas izin alloh swt.. n nabi Muhammad saw mengajarkan kita untuk ikhtiar menghadapinya… Untuk mencegah corona sebaiknya kita mengikuti anjuran pemerintah untuk diam di rumah. Terima kasih smoga kita senantiasa di lindungi alloh swt. Amin

Balas
DIKHA TEGAR Nugraha 8 April 2020 - 7:57 am

Virus Corona ini sangat berbahaya jika kita ingin terhindar dari virus ini dialah di rumah atau sosial distancing dan kita senantiasa berdoa selalu kepada UG maha Kuasa Allah SWT

Balas
Saskia nasila jaki 8 April 2020 - 8:25 am

Tentang virus corona yang mematikan hampir seluruh duania sangat mengerikan… Virus ini membuat semua manusia tak berdaya dan bahkan kematian. Penularan nya begitu cepat, tindakan pemerintah di indonesia bahwa kita harus tinggal di rumah saja dan tetap menjaga kebersihan.. Dan jaga jarak. Tetap berdoa kepada Allah swt semoga semua virus di musnahkan di muka bumi ini. Hanya kepada Allah lah kita semua minta pertolongannya…

Balas
Muhammad Padri Maulana 8 April 2020 - 8:32 am

Dari Penyakit Virus Corona Kita Harus Menjaga Wudhu,Kesehatan Dan Kebersihan

Balas
Mochamad nurjaelani 8 April 2020 - 8:45 am

Viros corona merupakan mahluk allah yang bergerak atas seijin allah
Virus ini merambah ke beberapa negara termasuk indonesia.selama ini pun belum temukan penangkalnya ataw obat dari virus ini
Untuk itu kita harus giat menjaga kebersihan sebisa mungkin dan memohon perlindungan kepada allah semoga kita senantiasa dijauhkan dari penyakit ini dan memohon perlindungan.berikhtiar semaksimal mungkin pun harus kita lakukan mulai memakai masker,tidak berdekatan dikeramaian,dan menjaga jarak agar tidak terkena.virus.dan apabila kita terpapar sebaiknya berdo.a kepada allah minta disembuhkan,dan yakin akan kesembuha kita.
Mudah mudahan kita semua dijauhkan dari virus ini dan mudah mudahan dunia kita kembali sehat tanpa virus 🤲🏿🤲🏿🤲🏿

Balas
Rengga pamungkas 8 April 2020 - 8:52 am

Saya dapat menyimpulkan dari yg telah saya baca adalah apabila Allah mengirim penyakit/wabah kemuka bumi ini kita sebagai manusia harus selalu berihktiar dan bertawakkal kepada Allah agar Allah selalu melindungi kita dari apapun yg datang dimuka bumi ini,saya juga percaya apabila Allah menurunkan penyakit/wabah dibumi niscaya Allah bisa menyembuhkannya atau mengangkat kembali wabah ini dari bumi

Balas
Dinda deswita Rosyfa 8 April 2020 - 8:53 am

Virus Corona adalah virus yg mematikan dan sudah banyak Korban yg terjangkit dan meninggal karena virus tersebut Oleh karena itu kita harus sadar dan selalu mendekatkan diri kepada Allah swt. Dengan cara selalu berikhtiar dan selalu berdoa agar virus ini segera dihilangkan tapi bukan hanya dengan berdoa saja dan diam bukan berarti bisa menghilangkan virus tersebut tetapi kita juga harus berusa dengan cara mengikuti tata tertib yang telah dianjurkan oleh pemerintah dengan mengikuti anjuran tersebut mungkin kita bisa menangkal virus tersebut, dan sudah banyak orang yg sudah terkena virus tersebut bahkan hampir seluruh negri terutama dinegri kita di negri kita pun sudah banyak yg terjangkit jadi untuk itu kita harus hidup bersih mengikuti tata tertib dan selalu meminta pertolongan kapada Allah swt

Balas
Salfa Alzahra 8 April 2020 - 9:05 am

Saya setuju, jika kita ingin terhindar dari virus corona kita harus senantiasa ingat kepada alloh, dan lebih mendekatkan diri kepada alloh swt.

Balas
Septia nur zahra 8 April 2020 - 9:16 am

Jadi,kita sebagai seorang muslim hendaklah kita kembali kepada ajaran-ajaran agama islam. Dan menyikapi wabah virus corona yang sedang mewabah saat ini yaitu :
1.Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah karena Virus corona adalah makhluk sebagaimana makhluk-makhluk Allah lainnya, dan ia tidaklah bergerak kecuali atas perintah dan izin Allah ta’ala yang menciptakannya.
2.Berikhtiar dengan melakukan pencegahan
Di samping berlindung kepada Allah, tentunya sebagai seorang manusia kita juga harus berikhtiar dengan melakukan usaha-usaha pencegahan agar virus ini tidak menular kepada diri kita atau kepada orang-orang yang kita sayangi. Ikhtiar ini bisa dilakukan dalam skala individu maupun skala berjamaah.
3.Bertawakkal kepada Allah
4.Yakin kepada Allah akan kesembuhan bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penyembuh karena Ia lah Tuhan Yang Maha Penyembuh.

Balas
Seni Novianti 8 April 2020 - 9:24 am

1. Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah.
Virus corona adalah makhluk sebagaimana makhluk-makhluk Allah lainnya, dan ia tidaklah bergerak kecuali atas perintah dan izin Allah ta’ala yang menciptakannya. Oleh karenanya, kita berlindung
dari wabah ini kepada Allah sebelum kita berlindung kepada kemampuan diri kita sendiri atau kemampuan makhluk lainnya
2. Berikhtiar dengan melakukan pencegahan.
Di samping berlindung kepada Allah, tentunya sebagai seorang manusia kita juga harus berikhtiar dengan melakukan usaha-usaha pencegahan agar virus ini tidak menular kepada diri kita atau kepada orang-orang yang kita sayangi.
3. Bertawakkal kepada Allah.
Setelah melakukan ikthtiar-ikhtiar yang ada, maka pada akhirnya semua kita serahkan kepada Allah. Kita tawakkalkan diri kita kepadaNya. Karena hidup dan mati kita sebagai seorang hamba semua berada di tanganNya. Allah berfirman:

(قُلۡ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحۡيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ)

“Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam”. (QS Al-An’am, Ayat 162)
4. Yakin kepada Allah akan kesembuhan.
Bila ada di antara kita yang ditakdirkan oleh Allah tertimpa penyakit ini, maka yakinlah bahwa Allah adalah sebaik-baiknya penyembuh karena Ia lah Tuhan Yang Maha Penyembuh.

Balas
Selvia yuningsih 8 April 2020 - 10:03 am

Bila ada diantara kita yang di takditkan oleh allah tertimpa penyakit ini, maka yakin lah bahwa allah adalah sebaik baiknya penyembuh karena ialah tuhan yang maha penyembuh.
Dan yakinlah juga bahwa tidak ada penyakit yang allah turunkan,kecuali ada juga obat yang di turunkan bersamanya.

Balas
Neng Adimah 8 April 2020 - 10:13 am

Menurut saya,sebagai pelajar yang belum penuh dengan pengalaman virus ini sangat emosional sehingga orang yang tahu akan virus ini terguncang kekhawatiran. Namun dalam hal mengatasinya kita turuti saja apa yang sudah dianjurkan pemerintah dan tak lupa juga kita harus menyikapi virus ini juga dari segi agama dengan menerapkan sikap seperti tawakal ,ikhtiar ,juga optimis akan apa yang akan terjadi.Karna kita yakin Allah akan membantu kita untuk berjuang melawan sesuatu persoalan ataupun masalah yang sedang melanda.

Balas
muhammad azi setiawan 8 April 2020 - 10:27 am

betapa kita harus meyakini bahwa tidak ada satu kejadian tanpa izin allah dan betapa pentingnya menjaga kebersihan kita harus menjaga kebersihan supaya terhindar dari penyakit covid 19

Balas
Prasetyo 8 April 2020 - 11:28 am

Kami harus berdoa

Balas
Bunga syara Nurwulan 8 April 2020 - 11:39 am

Kita harus menjaga kesehatan dengan baik, Yakin dengan kuasa allah. Dan terima kasih atas materi tentang virus corona nya.

Balas
muhammad asmi radho febrian 8 April 2020 - 12:34 pm

Kiat menghadapi virus corona, akan harus berlindung kpd allah

Balas
Hestisopyan 8 April 2020 - 1:22 pm

masyaAlloh penjelasan yg sangat2 dimengerti..trims

Balas
Mochamad Dias alfarizqy 8 April 2020 - 2:11 pm

Tentunya virus ini merupakan virus yang mematikan, sekaligus sebagai teguran dari Allah kepada kita semua agar senantiasa beribadah kepada Allah SWT, karena adanya virus ini kita sebagai umat muslim harus senantiasa berdoa agar diberikan keselamatan dari virus ini. Selain itu kita juga harus membiasakan hidup bersih seperti mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, serta lakukan sosial distance/ diam di rumah untuk keselamatan kita.

Balas
Nuraini nisa 8 April 2020 - 3:58 pm

Cara menyikapi wabah Corona sesuai ajaran Islam?
1.senantiasa meminta perlindungan kepada Allah
2.berikhtiar dengan melakukan pencegahan
3.bertawakal kepada Allah
4.yakin kepada Allah akan kesembuhan

Balas
Rasya salsabila dwi asikin 8 April 2020 - 8:14 pm

1. Senantiasa meminta perlindungan kepada allah
2. Berikhtiar dengan melakukan perlindungan kepada allah.
3. Bertawakal kepada allah
4. Yakin kepada allah akan kesembuhan bahwa allah sebai – baiknya penyembuh karena ialah tuhan yang maha penyembuh

Balas
Harun 8 April 2020 - 8:31 pm

Jadi,kita sebagai seorang muslim harus lebih waspada dan lebih tau bagaimana caranya hidup sehat. terutama dengan maraknya wabah covid 19 ini kita harus lebih mendekatkan diri kepada sang Pencipta bahwa yang terjadi d negara ini atas kehendakNya. Dan kita sebagai umat Nya harus berlindung kepada Nya karena Allah adalah sebaik baiknya pelindung dan sebaik baiknya penjaga. Dan kita sebagai umatnya harus senantiasa berdoa, berikhtiar, dan tawakal .
Dan perlu kita ketahui selain itu kita bisa mencegah wabah covid 19 dengan rutin mencuci tangan, rutin menjaga kesehatan, rutin memakan makanan yg baik, rutin memakai masker serta menghindari keluar rumah dan berkumpul d tempat ramai. Mungkin dengan melakukan hal ini kita dapat terhindar dari yg namanya covid 19.

Balas
Febryan Prastyo 8 April 2020 - 9:04 pm

Tetap harus taat kepada allah swt dan selalu menjaga kesehatan dengan mencegah penyebaran nya.. dan menjaga kebersihan,selalu mencuci tangan.. selalu ingat kepada allah swt

Balas
Yogi denda lesmana 8 April 2020 - 11:57 pm

Virus Corona adalah virus yg menyebar di berbagai negara dan kota di seluruh dunia karena itu kita harus mencegah nya untuk tidak menular ke siapapun intinya adalah mencegah lebih baik daripada mengobati

Balas
siti nurayuni 9 April 2020 - 5:48 am

Semua penyakit datang dari allah jadi kita sebagai manusia kita mengembalikan lagi kepada allah dengan cara berdoa terus tidak meninggalkan yang 5 waktu tidak itu saja kita juga tetap harus ikhtiar waspada, mencegah nya seperti tidak berada dikerumunan oramg

Balas
Alfi nuri khoirunisa 9 April 2020 - 9:17 am

mengatasi corona ini kita cukup berdoa kepada allah dan kita juga menjaga diri kita agar tidak terkena virus tersebut

Balas
Rifal M 9 April 2020 - 10:04 am

Dalam menghadapi virus corona atau covid-19 kita jangan panik,kita harus berdoa kepada allah agar kita selalu sehat dan aman dari penyakit penyakit yang berbahaya.

Balas
Shela Adeliana 9 April 2020 - 2:19 pm

menurut saya setelah membaca artikel di atas bahwa cara mengatasi wabah virus corona menurut ajaran islam adalah sebagai berikut:
1. Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah.
2.Ber ikhtiar dengan cara melakukan pencegahan
3.Bertawakal kepada Allah
4.Yakin kepada Allah akan kesembuhan.
Demikianlah beberapa kiat-kiat dalam menyikapi wabah virus corona ini, dan yang terakhir, mari kita berdoa kepada Allah agar supaya Ia senantiasa menjaga diri kita, keluarga kita, kerabat kita dan orang-orang yang kita sayangi dari terkena wabah virus ini. Mari kita juga berdoa kepada Allah agar Ia senantiasa menjaga negeri kita dan juga negeri-negeri kaum muslimin lainnya dari wabah penyakit mematikan ini.

Balas
Andini Nur Apriani 9 April 2020 - 4:13 pm

Didalam kondisi seperti ini kita tidak boleh khawatir , kita harus tetap berdoa kepada Allah agar diberi perlindungan, dan kita juga harus mengikuti arahan dari pemerintah seperti, tidak boleh keluar rumah , diharuskan memakai masker , Melaksanakan Sosial distancing

Balas
Andini Nur Apriani 9 April 2020 - 4:15 pm

Didalam kondisi seperti ini kita tidak boleh khawatir , kita harus tetap berdoa kepada Allah agar diberi perlindungan, dan kita juga harus mengikuti arahan dari pemerintah seperti, tidak boleh keluar rumah , diharuskan memakai masker , Melaksanakan Sosial distancing. Kita juga tidak boleh males kita melaksanakan kegiatan seperti biasanya

Balas
Aulia Rahma 9 April 2020 - 5:35 pm

Jadi,kita sebagai seorang muslim hendaklah kita kembali kepada ajaran-ajaran agama islam. Dan menyikapi wabah virus corona yang sedang mewabah saat ini yaitu :
1.Senantiasa meminta perlindungan kepada Allah karena Virus corona adalah makhluk sebagaimana makhluk-makhluk Allah lainnya, dan ia tidaklah bergerak kecuali atas perintah dan izin Allah ta’ala yang menciptakannya.
2.Berikhtiar dengan melakukan pencegahan
Di samping berlindung kepada Allah, tentunya sebagai seorang manusia kita juga harus berikhtiar dengan melakukan usaha-usaha pencegahan agar virus ini tidak menular kepada diri kita atau kepada orang-orang yang kita sayangi. Ikhtiar ini bisa dilakukan dalam skala individu maupun skala berjamaah.

Balas
M RIKZAN P 9 April 2020 - 8:29 pm

Setelah saya membaca dan memahami tentang bahaya nya virus corona ini saya jadi paham bahwa pada dasarnya virus korona ini sangat berbahya maka dari itu saya sangat berhati apa bila ketempat ketempat yg penuh keramayan.
Dan juga setelah saya membaca kutipan di atas saya menjadi tau gimana caranya menyikapi dan menghindari tertularnya virus corona ini yaitu dengan cara makin mendekatkan kita terhadap allah SWT.sebagai mana Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
(إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ حَيْثُ خَلَقَ الدَّاءَ خَلَقَ الدَّوَاءَ فَتَدَاوَوْا ) رواه أحمد (12186) وحسنه الألباني.
“Sesungguhnya Allah ketika menciptakan penyakit maka ia menciptakan penyembuhnya, maka berobatlah”. (HR. Ahmad (no:12186) dan dihasankan oleh Imam Albani). Jadi semakin kita taat kepada allah dan semakin di jauhkan pula dari penyakit terutama virus corona ini.

Balas
Hafiz Rizki Maulana 9 April 2020 - 8:32 pm

Setelah saya membaca dan memahami tentang bahaya nya virus corona ini saya jadi paham bahwa pada dasarnya virus korona ini sangat berbahya maka dari itu saya sangat berhati apa bila ketempat ketempat yg penuh keramayan.
Dan juga setelah saya membaca kutipan di atas saya menjadi tau gimana caranya menyikapi dan menghindari tertularnya virus corona ini yaitu dengan cara makin mendekatkan kita terhadap allah SWT.sebagai mana Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:
(إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ حَيْثُ خَلَقَ الدَّاءَ خَلَقَ الدَّوَاءَ فَتَدَاوَوْا ) رواه أحمد (12186) وحسنه الألباني.
“Sesungguhnya Allah ketika menciptakan penyakit maka ia menciptakan penyembuhnya, maka berobatlah”. (HR. Ahmad (no:12186) dan dihasankan oleh Imam Albani). Jadi semakin kita taat kepada allah dan semakin di jauhkan pula dari penyakit terutama virus corona ini.

Balas
Faizal 9 April 2020 - 9:24 pm

INI MERUPAKAN KONSPIRASI DR SUATU KELOMPOK YANG MENGINGINKAN HANCURNYA PERADABAN DUNIA, coba simak surat al imran didalam al quran karena penyakit ini datang dari kaum tersebut. Covid 19 ( conspiracy virus stupid ) jadi virus ini adalah virus flu biasa maka di bangun opini agar viral atau benar adanya melalui media masa demi memghancurkan akidah umat islam, untuk mempercepat datangnya juru selamat ( SAMARIN nama aslinya Uda ijal atau dajjal ) bagi kaum mereka. SALAM AKAL SEHAT

Balas
Faizal 9 April 2020 - 9:29 pm

Saya mau merekomendasikan OBAT YANG PALING AMPUH MELAWAN COVID-19 yaitu sesuai rosul kita muhammad saw sampaikan adalah “Habbatussaudah” karena didalamnya terdapat penyembuh dari berbagai penyakit. Coba perhatikan Iman anda atau benarkah kesaksian anda tentang SHAHADAT TERSEBUT maka smua problema hidup ini menjadi mudah

Balas
Prasetyo 10 April 2020 - 8:42 am

Jangan keluar rumah

Balas
Ilham thoriq purnama 10 April 2020 - 10:09 am

Agar masyarakat terhindar dari adanyah virus corona atau [ covid ] 19

Balas
Siti anita ramadani 10 April 2020 - 2:31 pm

Tetap diam di rumah untuk mencegah penularan wabah virus corona dan semoga virus corona cepat berhenti sebelum bulan ramdhan amin,tetap tenang jangan panik,jaga kebersihan diri sendiri,dan tetap menjaga sholat 5 waktu agar dilindungi oleh allah

Balas
Ega Ramadan 11 April 2020 - 11:41 am

kita harus membuang sampah pada tempatnya agar tidak banjir dan jangan keluar rumah bila tidak perlu

Balas
Ilham thoriq purnama 11 April 2020 - 6:07 pm

Kita harus tau bahwa virus corona menyebar karna masyarakat tidak rajin membersihkan lingkungan

Balas
Ardin A. Tokan 11 April 2020 - 8:42 pm

Jangan sampai karena wabah Corona ini membuat kita lupa akan kebesaran Allah, bahwa hamba ada dalam gengaman-Nya, jangan sampai orang mendapat musibah (kematian) seseorang karena CORONA, itu penyakit atau wabah datang dari negara yang berpaham komunis, sehingga terbentuk opini bahawa mati seseorang karena Corona.

Balas
Sani rustikasari 13 April 2020 - 8:17 am

kita harus berdoa kepada allah swt dengan kusyu sesungguhnya allah maha penyayang dan meminta perlindungan agar dijauhkan dari segala apapun dan selalu berikhtiar dengan sengguh2

Balas
Azzrul 20 April 2020 - 9:44 am

Virus korona (covit19) sangat mematikan

Balas
Azzrul 20 April 2020 - 9:47 am

Hampir seluruh dunia terkena virus korona (covid 19 ) virus ini sangat tidak di percaya karena virus korona sangat mematikan

Balas
Aulia 20 April 2020 - 9:10 pm

Assalamualaikum.
Terimakasih Ilmunya.
Saya izin share ilmunya ke bentuk video yaa..
Semoga bermanfaat untuk orang banyak..

Balas
Muhammad Rifki Ramadan 21 April 2020 - 9:12 am

jangan pergi ke tempat wabah.

Balas
norwachid 29 April 2020 - 4:06 pm

corona adalah cobaan bagi manusia yang semakin mengabaikan perintahNya dan laranganNya dan ini sebuah penyakityang sudah ada sejak nabi Muhammad masih hidup

Balas
Ilham 26 May 2020 - 11:49 am

Sakit dan Mati kita Allah yang menentukan, tapi ikhtiar protocol kesehatan tetap dijalankan https://youtu.be/HdYscj15AY4

Balas
Muhammad Billal Al Asy'ari 1 June 2020 - 8:17 am

Kita harus tetap menjaga kebersihan untuk kesehatan bagi kita semua dan harus selalu berdoa pada Allah SWT.

Balas

Tinggalkan komentar