Travalal, Marketplace Khusus Umrah Resmi Dilaunching

Penulis Abi Abdul Jabbar

MADANINEWS.ID, JAKARTA — Perkembangan industri perjalanan umrah dan wisata muslim lewat marketplace belum begitu membawa dampak signifikan. Online marketplace khusus perjalanan umrah, Travalal, hadir untuk mengisi kekosongan platform di industri wisatawan muslim di Indonesia dan Asia Tenggara.

CEO Travalal Joyo Diharjo mengatakan bahwa saat ini terdapat lebih dari 240 juta Muslim atau setara dengan 42 persen populasi Asia Tenggara. Penduduk Muslim di Asia Tenggara (SEA), adalah pasar yang besar dan belum dimanfaatkan oleh industri pariwisata. Hal ini lah yang coba diincar oleh Travalal. 

Dia menegaskan bahwa kehadiran Travalal bukan untuk mendisrupsi pasar yang sudah ada. Sebaliknya, Travalal menjadi platform yang mudah dan efisien serta dapat digunakan oleh semua konsumen dan para pelaku industri travel. Travalal berbeda dengan marketplace travel lainnya yang sudah bermain di pasar umrah dan pariwisata. 

“Travalal menawarkan sistem SaaS (Software as a Service) yang dapat digunakan oleh para agen travel untuk Sales Management Dashboard, Data User Management, Statistics, Agenda dan banyak fitur lainnya,” kata Joyo dalam siaran pers nya (5/2/2020). 

Dengan sistem manajemen tersebut, tambah Joyo, agen travel bisa memberikan informasi dan pemesanan dalam jaringan (daring) bagi para wisatawan muslim untuk menemukan paket umrah terbaik, hotel, tempat wisata, dan restoran halal. 

Tidak hanya itu, sistem juga membantu wisatawan dalam mencari kebutuhan lainnya seperti wifi portabel, tiket transportasi publik, dan lain-lain. Untuk mendapatkan agen travel yang menjadi mitranya, Travalal melakukan verifikasi, uji kredibilitas dan integritas. 

“Hal ini kami lakukan mengingat beberapa tahun belakangan sempat ramai masalah mengenai agen travel umrah yang melakukan penipuan dan akhirnya merugikan puluhan ribu jemaah,” kata Djoyo. 

Untuk menghindari kejadian seperti itu, Travalal dilengkapi payment gateway, sehingga agen tidak memegang uang tunai sebelum wisatawan mendapatkan hak paketnya.

Di samping itu, dalam beroperasi di Tanah Air , Travalal juga memberdayakan Ibu-Ibu dan Usaha Mikro. Travalal meyakini bahwa Ibu-ibu dapat menjadi agen mikro yang efektif untuk kembangkan bisnis muslim friendly tourism. 

“Karena Ibu-ibu kan biasanya aktif bersosialisasi melalui pertemuan-pertemuan informal seperti arisan dan pengajian,” kata Djoyo. 

Sebagai informasi, hingga hari ini, Travalal telah memiliki 85 travel agen resmi telah bermitra dengan Travalal yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan muslim.

BACA JUGA

Tinggalkan komentar